Tahun Ini, Sudah 26 RTLH Direhab Baznas BS

Tahun Ini, Sudah 26 RTLH Direhab Baznas BS

Bupati BS, Gusnan Mulyadi, SE serahkan kunci RLTH yang sudah direhab, Rabu 7 Desember 2022--

 

BENGKULU SELATAN, RADARSELUMAONLINE.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) BS. Tahun ini  merehap puluhan rumah tidak layak huni (RTLH) tersebar di 11 Kecamatan dalam wilayah BS.

 

"Ya, tahun ini baznas merehap 26 RTLH,"ungkap Ketua Baznas BS, H Hartawan,SH.MH.

 

Dikatakan Hartawan,  program rehap dari dinas Perkim BS besarannya hingga Rp 35 juta per unit. Namun dari Baznas sebesar Rp 20 juta per unit. Sehingga total dana yang digelontorkan pihak Baznas untuk program rehap RTLH tersebut mencapai Rp 520 juta.

 

"Dengan adanya program ini harapan kita warga dapat memiliki rumah layak huni," ujar Hartawan.

 

Hartawan mengaku, sepanjang tahun 2022 ini, program bedah rumah sudah berjalan. Bahkan rumah yang sudah dibedah sudah diserahkan kepada pemilik. Program tersebut, berharap dapat menjadi motivasi bagi warga miskin agar dapat semakin semangat bekerja. Sehingga perekonomian semakin meningkat.

 

"Ya, program ini untuk memberikan motivasi agar warga miskin dapat bekerja lebih giat lagi,"beber Hartawan.

 

Hartawan menuturkan, sumber anggaran program bedah rumah dari dana yang dikumpulkan berupa zakat, infak dan shodaqoh (ZIS) warga BS dan para aparatur sipil negara (ASN) di BS. Tentunya sangat diharapkan  dana yang dikumpulkan dari ZIS dapat semakin banyak. Sehingga rumah yang akan dibedah juga bisa semakin banyak.

 

"Banyak dana terkumpul, maka rumah yang bisa kita bedah semakin banyak,"tegas Hartawan.

 

Sebelumnya Kepala Dinas Perkim BS, Ir Silustero MM BS menyebut 4.587  rumah warga tidak layak huni. Dari jumlah tersebut ,saat ini  yang sudah  mendapatkan program bedah rumah 2.293 unit  rumah. Sisanya  2.294 unit RTLH belum di tertangani atau masih menunggu bantuan.(yes)

 

Sumber: