Diduga Banyak Honorer Fiktif, Verifikasi P3K Harus Ketat

Diduga Banyak Honorer Fiktif, Verifikasi P3K Harus Ketat

sekda Seluma--

 
PEMATANG AUR - Tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Seluma beberapa waktu lalu disibukkan dengan penginputan data dengan menyertakan data serta dokumen.
Namun, belakangan banyak yang diduga  fiktif. 
 
Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Seluma H Hadianto MSI kepada wartawan menegaskan jika hal tersebut tidaklah bisa diterima. Melainkan harus disesuaikan dengan SK pengangkatan pertama kali.
 
"Tenaga honor harus disesuaikan dengan SK dan terdaftar data penerimaan selaku honorer dan diperkuat lagi dengan SPM,"tegasnya.
 
Dijelaskan Sekda, a seluruh OPD di lingkungan Pemda Seluma juga harus menyesuaikan dengan tenaga honor yang sudah dipekerjakan dan sesuai dengan pengangkatan. Jangan sampai, diakal- akali dalam penerimaannya selaku tenaga honor. Untuk pendaftaran non ASN juga berdasarkan slip gaji yang dikeluarkan.
 
"Tim verifikasi diharapkan bisa memastikan yang non ASN benar benar bekerja dan telah bekerja, disesuaikan dengan slip gaji yang diterima. Dan khusus seluruh OPD melakukan verifikasi non ASN ini,"sampainya
.
Belakangan diketahui, para honorer meminta ke kepala sekolah dan Puskesmas serta kepada bendahara dibuatkan slip gaji dari tahun 2016 sampai tahun 2021 untuk pengangkatan PPPK serta syarat dalam penginputan data non ASN. Bahkan tak tanggung tangung, ada pula yang meminta dimasukkan data mereka ke dapodik, padahal mereka itu belum tentu bertugas dari tahun yang dimaksud.
Sementara syarat untuk masuk ke dapodik setelah mengabdi selama dua tahun. Sedangkan di sekolah tidak ada slip gaji melainkan daftar bayar dari dana BOS. 
Dari beberapa bendahara BOS yang dikorek informasinya seputar kelengkapan data honorer salah satunya bendahara SMPN 15 Seluma Alhidayah Rait, S.Pd. Dia mengakui bahwa ada honorer yang minta dibuatkan slip gaji sejak beberapa tahun lalu. 
"Ada yang minta dibuatkan slip gaji dari beberapa tahun sebelumnya, tapi saya jawab untuk sekolah tidak ada slip gaji, yang ada hanya daftar bayar dari dana BOS," akunya.(ndo)

Sumber: