Ratusan NIK Keanggotaan Parpol Salah Ketik

 Ratusan NIK Keanggotaan Parpol Salah Ketik

Ketua KPU Seluma, Sarjan--

 

PEMATANG AUR - Ratusan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anggota Partai Politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Seluma mengalami salah ketik dalam penginputan di Sistem Informasi Politik (Sipol), kemudian juga sebagian lagi KTP yang diupload di Sipol masih merupakan KTP lama yang belum elektronik, dan yang terakhir masih ada beberapa yang ditemukan kode wilayah NIK bukan dari Kabupaten Seluma.

"NIK yang invalid ini, sebelumnya kita tidak tahu invalid atau tidak. Karena berkenaan dalam Sipol itu partai ini mengupload KTP dan juga menuliskan NIK dalam aplikasi Sipol. Terkait dengan NIK yang tidak sama ini kita menyampaikan laporan ke KPU RI. Dan KPU RI menyampaikan hal ini ke Kemendagri melalui Dirjen kependudukan untuk data di Sipol ini dicek. Setelah dilakukan pengecekan dari Dirjen ternyata dalam penginputan NIK ini salah ketik," kata Sarjan Efendi, SE, M.Ak, ketua KPU Seluma, kemarin (8/9).

Kemudian dibenarkan oleh Sarjan bahwa di dalam Sipol masih terdapat anggota Parpol yang KTP non elektronik.

"Tindak lanjutnya ke depan kita lagi mengecek kembali data yang diturunkan oleh Dirjen melalui KPU RI dan akan kita teruskan lagi ke KPU RI. Apakah seluruh keanggotaan Parpol yang ada di Kabupaten Seluma masuk dalam data pemilih inilah nanti yang akan kembali kita cek," sambungnya.

Kesalahan dalam pengetikan NIK ataupun kesalahan saat penginputan data di Sipol tersebut merupakan hal yang lumrah terjadi. Mengingat data keanggotaan di Parpol tersebut mencapai ratusan orang.(adt)

Sumber: