Tujuh Parpol Baru Terverifikasi Kesbangpol

 Tujuh Parpol Baru Terverifikasi Kesbangpol

Parpol di Kesbangpol Seluma, --

 

PEMATANG AUR - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Seluma menyampaikan dari Parpol yang sudah mendaftar di KPU RI ada 17 Parpol yang ada di Kabupaten Seluma. 10 merupakan Parpol yang sudah memiliki kursi di DPRD Kabupaten Seluma, kemudian 7 Parpol lainnya merupakan Parpol baru.

7 Parpol baru ini keseluruhan sudah melakukan verifikasi di Kesbangpol Kabupaten Seluma. Kepala Kesbangpol Kabupaten Seluma Dadang Kosasi, ST, MT melalui Kabid Politik Dalam Negeri Mazda, S.KM, M.Ling verifikasi yang dilakukan oleh Kesbangpol terkait dengan sekretariat Parpol, dan beberapa hal lainnya seperti SK dari pengurus pusat.

 

"Dari data KPU yang sudah mendaftar ke KPUD RI ada 17 Parpol yang ada di Kabupaten Seluma. 10 Parpol sudah menduduki kursi DPRD. Dan ditambah lagi dengan tujuh Parpol yang kemarin melakukan verifikasi di Kesbangpol. Jadi ada 17 Parpol. Untuk data yang lebih spesifik lagi mungkin nanti bisa langsung ke KPU," jelasnya.

 

Tujuh Parpol baru yang sudah melakukan verifikasi di Kesbangpol Kabupaten Seluma adalah Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Ummat, Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Bulan Bintang, Partai Buruh, dan kemudian yang terakhir adalah Partai Sarikat Indonesia. Untuk verifikasi di Kesbangpol sudah merupakan keharusan bagi Parpol baru non kursi di DPRD.

 

Selain itu 10 Parpol yang kini memiliki kursi di DPRD tidak perlu lagi melakukan verifikasi ke Kesbangpol. 

 

Syarat verifikasinya akta notaris, status legal formal dari Kemenkumham, ada AD/ART, SK kepengurusan, contact person dan alamat sekretariat. Selain itu sesuai dengan aturan Parpol memang wajib untuk melakukan verifikasi ke Kesbangpol.(adt)

 

Sumber: