Pencegahan PMK, Distan Suntik Vaksin

 Pencegahan PMK, Distan Suntik Vaksin

vaksin--

 

BUNGAMAS - Dalam upaya mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Seluma. Dinas Pertanian Kabupaten Seluma melakukan upaya pencegahan. Yakni dengan cara melakukan penyuntikan vaksin kepada sapi-sapi peliharaan masyarakat. Seperti dalam pengantisipasian yang telah dilakukan di wilayah Kecamatan Semidang Alas (SA). Tim Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma melakukan pemberian (penyuntikan) vaksin terhadap sapi-sapi peliharaan masyarakat. Penyuntikan vaksin tersebut dilakukan dalam upaya pencegahan penularan akan penyakit PMK terhadap sapi-sapi masyarakat.

"Hari ini (Kemarin, Red) dari dinas dijadwalkan di tiga lokasi. Dalam satu botolnya kan vaksinnya 200 Ml yang digunakan untuk 100 ekor sapi," sampai Rizani Puspa Wijaya selaku Pengawas Bibit Ternak saat dikonfirmasi Radar Seluma.

Diterangkannya, jika dalam giat vaksinasi yang dilaksanakan tersebut. Telah dilaksanakan sebanyak 200 dosis vaksin. Dimana, vaksin tersebut diperuntukkan untuk sebayak 100 ekor sapi yang berada di tiga lokasi. Yakni, di Desa Pinju Layang Kecamatan Semidang Alas, Desa Rawa Sari, Kecamatan Seluma Timur dan di Desa Rena Panjang Kecamatan Lubuk Sandi. Dimana sapi-sapi peliharaan masyarakat disuntik vaksin oleh petugas dokter hewan. Dalam pelaksanaan penyuntikan vaksin dilakukan langsung di rumah-rumah masyarakat. Dengan dihadiri langsung oleh Kapolsek Semidang Alas, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan dari pihak Kecamatan dan desa.

Sementara itu, Sukma Jaya selaku peternak sapi mengatakan, untuk sementara ini penyakit PMK belum melanda di wilayahnya. Hanya saja, pihaknya sampai saat melakukan upaya pencegahan terhadap hewan ternaknya yakni dengan melakukan perawatan, pembersihan kandang dan penjemuran tehadap sapi. Serta melakukan penyekatan terhadap sapi yang masuk ke desanya.

"Untuk se Desa Pinju Layang ini belum ada. Selama ini kita lakukan penjemuran  selama 2 jam dan menjaga kebersihan kandang. Alhamdulillah sampai saat ini sehat-sehat saja," singkatnya.(ctr)

Sumber: