Transaksi Online Whoosh Naik 6%. KCIC Tambah Dua Channel Online Baru untuk Perkuat Layanan Digital

Selasa 21-10-2025,09:51 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

JAKARTA, Radarseluma.Disway.id - Kampanye Paperless Sukses, Transaksi Online Whoosh Naik 6%. KCIC Tambah Dua Channel Online Baru untuk Perkuat Layanan Digital

 

BACA JUGA:20 Hektar Lahan di Talang Dantuk dan Seluma Selatan Terdampak Banjir

BACA JUGA: Panselda akan Segera Rapatkan Tahapan Seleksi JPT Sekda Seluma

PT KCIC mencatat peningkatan transaksi online sebesar 6% sejak dimulainya kampanye Paperless pada 12 Oktober 2025. Sebelum kampanye berjalan, komposisi transaksi penjualan tiket Whoosh tercatat 79% online dan 21% offline, kini meningkat menjadi 85% online dan 15% offline.

 

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menjelaskan bahwa peningkatan transaksi online ini mencerminkan perubahan perilaku positif masyarakat terhadap layanan digital. Sejalan dengan tren tersebut, KCIC telah menandatangani PKS dengan Jontru dan Trip.com, sebagai langkah memperkuat ekosistem digital Whoosh di berbagai segmen pengguna.

 

“Peningkatan transaksi online sebesar 6% menunjukkan bahwa masyarakat semakin nyaman beralih ke sistem digital. Melalui penambahan channel pemesanan seperti Jontru dan Trip.com, kami ingin memperluas jangkauan pasar agar layanan Whoosh semakin mudah diakses oleh seluruh lapisan pengguna,” ujar Eva.

 

Keberhasilan kampanye Paperless tidak lepas dari berbagai langkah proaktif yang dilakukan KCIC. Di antaranya dengan menghadirkan layanan pendampingan di stasiun, sosialisasi materi edukatif di media maupun sosial media. KCIC juga menugaskan 40 petugas khusus di seluruh stasiun Whoosh untuk membantu penumpang yang belum terbiasa membeli tiket secara online.

 

BACA JUGA: Latsar 901 CPNS Seluma akan Digelar 2026, Tunggu Anggaran

Petugas ini aktif memberikan panduan cara menggunakan aplikasi, mengakses tiket QR, dan memastikan setiap penumpang dapat melakukan boarding tanpa perlu mencetak tiket fisik. Pendekatan edukatif dan pendampingan langsung di lapangan terbukti efektif dalam meningkatkan kenyamanan dan adopsi digital di kalangan penumpang.

Kategori :