�Saya sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh FIFGROUP untuk berpartisipasi dalam Program Sahabat FINATRA 2024. Program ini memberikan pembinaan yang luar biasa, mulai dari pengelolaan keuangan, digital marketing, hingga manajemen rantai pasok. Semua itu membantu saya tumbuh dan lebih siap menghadapi tantangan bisnis,� ungkap Rismah.
Juara kedua diraih oleh Iwaningsih dari Kota Martapura dengan usaha Zhabuke. Usaha ini, yang dikenal dengan nama Triani Baraka Banua, berfokus pada pengolahan dan pengeringan buah, dengan produk utama berupa irisan lemon kering berkualitas tinggi. Saat ini, produk utamanya adalah Zhabuke Slice Lemon Dried, dan ke depannya, usaha ini berencana memperluas inovasinya ke berbagai jenis buah lainnya. Dengan komitmen pada kualitas dan keberlanjutan, Zhabuke menjadi solusi praktis untuk kebutuhan produk alami dan sehat. �Bimbingan mengenai pengelolaan supply chain dari hulu ke hilir menjadi pelajaran dari Sahabat FINATRA yang sangat berarti bagi perkembangan usaha saya,� ungkapnya.
Sementara itu, sebagai juara ketiga Adang Muhidin dari Kota Cimahi dengan usaha Virageawie Indonesia berhasil meraih posisi ketiga. Usahanya ini bergerak di bidang ekonomi kreatif berbahan dasar bambu. Adang mengolah, mengukir, memahat, dan memotong bambu menjadi beragam produk bernilai tinggi. Virageawie, yang berasal dari bahasa Sunda �Pirage Awi� dan berarti �hanya bambu,� memegang filosofi bahwa bambu dapat dimanfaatkan lebih dari sekadar bahan furnitur atau makanan. Dengan inovasi dan kreativitas, Virageawie mampu mengubah persepsi bahwa produk berbahan dasar bambu hanyalah barang murah.
Anggara mewakili dewan juri, mengungkapkan, �Saya sangat terkesan dengan inovasi dan dedikasi yang ditunjukkan oleh para peserta. Program Sahabat FINATRA ini unik, karena memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya pengelolaan usaha yang baik, yang tidak hanya memperkuat bisnis mereka hari ini, tetapi juga mempersiapkan mereka menghadapi tantangan yang akan datang di masa mendatang. Melihat semangat dan antusiasme para peserta, menunjukan potensi UMKM Indonesia yang akan terus berkembang dan berkontribusi positif pada perekonomian nasional.�
BACA JUGA:Ferrari 812 GTS: Mobil Sport Balap Populer dari Pabrikan Italia di Indonesia
Antusiasme Tinggi Sahabat FINATRA 2024
Antusiasme terhadap program ini sangat tinggi, terbukti dengan total 1.357 pendaftar yang ingin mengikuti rangkaian Sahabat FINATRA 2024. Angka tersebut meningkat lebih dari dua setengah kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Setelah melalui proses kurasi, terpilih 600 pelaku UMKM yang mengikuti program bootcamp. Mereka, dipilih dari 30 titik lokasi di seluruh Indonesia, dengan masing-masing titik lokasi melibatkan 20 UMKM. Jumlah ini menunjukkan peningkatan sebesar empat kali lipat dalam keikutsertaan program inkubasi dari tahun sebelumnya yang hanya melibatkan 120 UMKM.
Rangkaian program Sahabat FINATRA 2024 dimulai dengan Grand Launching secara daring yang telah berlangsung pada 24 Oktober 2024 lalu. Program ini dilanjutkan dengan Online Mentoring Class yang mencakup dua materi utama, yaitu cara membuat pitch deck sederhana dan dasar-dasar literasi keuangan. Selanjutnya, para peserta mengikuti kegiatan Bootcamp yang dilaksanakan di kantor cabang FIFGROUP sebanyak empat sesi. Dalam sesi Bootcamp ini, berbagai materi diberikan, seperti Entrepreneurship vs Penjual, Inovasi Pengembangan Produk, Pembukuan Dasar, Harga Pokok Produksi, Pemasaran Dasar, Digital Marketing, hingga Demo Day untuk mempresentasikan produk, dan inovasi dari usaha masing-masing peserta.