Survei DHL eCommerce, Pengiriman dan Pengembalian Gratis Incaran Pembeli Online di Asia Pasifik

Minggu 20-10-2024,00:00 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

SINGAPURA - Radarseluma.Disway.Id - Laporan Tren Pembeli Online DHL eCommerce 2024, pembeli online di Asia Pasifik memprioritaskan opsi pengiriman yang fleksibel dan pengembalian gratis saat melakukan pembelian lintas negara. Kedua bab tersebut – " Pembelian lintas negara " dan " Pengiriman dan pengembalian " – menunjukkan bahwa pembeli di kawasan tersebut terus membeli secara online dari luar negeri, dan mengharapkan pengiriman pada hari berikutnya serta kemampuan untuk melacak paket mereka secara real-time. Namun, responden survei juga menyebutkan ketakutan akan penipuan online meskipun ada antusiasme dalam e-commerce lintas negara.

 

BACA JUGA:Berikut Besaran Gaji PPPK yang Hanya Lulusan SMA, Berdasarkan Perpres No 11 Tahun 2024

 

Pablo Ciano, CEO DHL eCommerce mengatakan, "Konsumen Asia Pasifik mendorong permintaan belanja lintas batas seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini berarti ada peluang luar biasa bagi bisnis untuk tumbuh secara internasional jika mereka menjual dan terlibat secara efektif. Secara khusus, dengan munculnya model bisnis sesuai permintaan yang memengaruhi pembeli digital saat ini, 'kecepatan' dan 'pilihan' adalah segalanya. Dengan mengatasi masalah utama konsumen seperti waktu pengiriman yang transparan, pengembalian yang fleksibel, dan ketakutan akan penipuan, pengecer dapat menguasai pasar yang sedang berkembang."

 

Meningkatnya ekspektasi seputar waktu pengiriman dan pelacakan waktu nyata

 

Seiring dengan terus berkembangnya lanskap belanja daring dengan maraknya perdagangan sosial , konsumen daring saat ini tidak kekurangan pilihan dan menginginkan kontrol lebih besar atas pembelian mereka. Mereka ingin memiliki banyak pilihan pengiriman dan kemampuan untuk melacak paket mereka secara real-time.

 

Lebih dari dua dari tiga pembeli daring di Asia Pasifik setuju bahwa pengiriman pada hari berikutnya penting bagi mereka, dengan 74% di Thailand dan 72% di India mengatakan demikian. Terkait preferensi pengiriman, sembilan dari 10 pembeli di India (89%), Malaysia (89%), dan Thailand (94%) lebih menyukai pengiriman ke rumah, yang mencerminkan preferensi kuat untuk kenyamanan. Namun, permintaan untuk opsi pengiriman alternatif juga meningkat, terutama saat barang sudah siap dikirim. Sebagian besar pembeli daring menyatakan penting untuk memiliki opsi untuk mengalihkan paket mereka ke tempat yang aman, tetangga, loker paket, titik penjemputan, atau mengubah hari pengiriman karena hal itu meningkatkan fleksibilitas dan kenyamanan.

 

Selain itu, 86% konsumen di Asia Pasifik mengharapkan pelacakan menyeluruh pada pesanan internasional, yang menggarisbawahi perlunya visibilitas dan kontrol waktu nyata dalam proses pengiriman. Bahkan, responden survei dari wilayah tersebut menilai "waktu pengiriman cepat" dan "pelacakan waktu nyata" sebagai dua faktor utama yang penting untuk meningkatkan pengalaman pengiriman mereka.

 

Pengembalian gratis berfungsi sebagai keunggulan kompetitif

 

Kategori :