Distan Seluma Masih Tunggu Laporan Penyuluh, Dampak Bencana Terhadap Sawah

Sabtu 19-10-2024,20:36 WIB
Reporter : Tri Suparman
Editor : Jeffri Ginting

 

PEMATANG AUR, Radarseluma.Disway.Id - Pasca musibah bencana alam yang terjadi di wilayah pesisir Pantai Seluma yang berada di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Dimana  gelombang pasang air laut yang menerjang area persawahan yang ada di Desa Pasar Seluma. Pihak Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma pada saat ini masih menunggu laporan tertulis, pasca bencana abrasi laut tersebut.

 

BACA JUGA:Abrasi Makin Melebar, Jalan Provinsi di Ilir Talo Seluma Terancam Putus

BACA JUGA:Berikut Besaran Gaji PPPK yang Hanya Lulusan SMA, Berdasarkan Perpres No 11 Tahun 2024

Seperti yang disampaikan  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial, SP MSi saat dikonfirmasi Radar Seluma. Arian mengatakan, terkait abrasi air laut yang tejadi di wilayah Desa Pasar Seluma. Pihaknya telah menerima laporan secara lisan dari petugas Penyuluhan Dinas Pertanian yang ada di wilayah Kecamatan Seluma Selatan. Hanya saja, hingga saat ini, laporan tertulis belum masuk ke Distan Kabupaten Seluma.

 

"Iya, kemarin ada laporan lisan dari petugas Penyuluhan kita yang ada di wilayah Kecamatan Seluma Selatan. Memang ada terjadi pasang naik di kawasan muara Pasar Seluma. Tetapi sampai saat ini laporan tertulis belum masuk ke kita," sampainya.

 

Diterangkan Arian, laporan lisan dari penyuluh pertanian yang ada di wilayah Kecamatan Seluma Selatan. Pasang air laut melanda sebagian area persawahan padi masyarakat yang terletak di dekat muara Pasar Seluma. Hanya saja laporan tertulis belum diterima oleh pihak Distan Kabupaten Seluma. Sehingga pihak Distan masih akan menunggu laporan tertulis, pasca musibah bencana abrasi yang melanda area persawahan masyarakat tersebut.

BACA JUGA:Mobil Honda Brio ada 2 Type Pilih yang Mana Transmisi Manual dan Transmisi Metic?

BACA JUGA:Toyota Avanza 2024 Mobil MPV Dsaain dengan Model Baru Populie Dipasaran Kapasilitas 7 Penumpang

Tak hanya itu saja, selain menunggu laporan secara tertulis. Pihaknya (Distan) Kabupaten Seluma saat ini, masih akan mempelajari kriteria dampak akan bencana alam tersebut. Hal tersebut dikarenakan, pasca bencana yang terjadi memiliki beberapa kriteria.

 

"Kita juga masih mempelajari kriteria dampak bencana alam itu di klasifikasi yang mana. Apa katagori ringan, berat, sedang ataupun puso," tegasnya.

Kategori :