202 Lengguai dan Kulintang Dibagikan Disdikbud Seluma, Untuk Keperluan Adat

Senin 30-09-2024,10:57 WIB
Reporter : Tri Suparman
Editor : Jeffri Ginting

 

 

PEMATANG AUR, Radarseluma.Disway.id, - Dalam rangka melestarikan adat,  tahun 2024 ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Seluma menyalurkan bantuan alat kelengkapan adat dan alat kesenian. Bantuan kesenian dan adat ini, dibagikan untuk Badan Musyawarah Adat  (BMA) Kabupaten Seluma.

 

BACA JUGA:191 Unit BSPS Tambahan untuk Seluma, Tahap I Dapat 100 Unit

BACA JUGA:Game Horor Android Terbaru: Siap Menguji Nyali Anda di Akhir September 2024

Bantuan telah disalurkan langsung oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Seluma secara simbolis. Yakni sebanyak kurang lebih  202 lengguai dan kulintang ke BMA Kabupaten Seluma. Alat kelengkapan adat dan alat kesenian tersebut diperuntukkan untuk di 202 desa dan kelurahan se-Kabupaten Seluma.

 

Seperti yang disampaikan Kepala Disdikbud Kabupaten Seluma, Farzian, SPd. Dijelaskan farzian, untuk pengadaan tersebut bersumber dari anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2024. Sesuai dengan petunjuk dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). 

 

"Pengadaan ini memang ada dari dana DAU Dinas Pendidikan, sesuai dengan petunjuk kementerian PMK. Ada sebanyak 180 desa dan 22 kelurahan di Kabupaten Seluma.  Mulai tanggal 24 Agustus kemaren sudah kita berikan ke BMA dan akan langsung di bagikan ke masing-masing pengurus adat di setiap desa dan kelurahan," sampainya.

 

Tak hanya itu saja. Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Seluma melalui Dinas pendidikan nantinya juga akan menyalurkan 1 buah redap dan 1 set rebana. Untuk masing-masing Desa dan Kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. 

 

BACA JUGA:Seluma akan Dapat Lagi Insentif Fiskal, Digunakan Sesuai dengan PMK

Kategori :