Australia Minta Warganya Keluar dari Lebanon, Indonesia Minta Tunda Kujungi Lebanon

Senin 05-08-2024,10:02 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

"Pesan saya kepada warga negara Australia dan residen di Lebanon adalah: sekarang saatnya untuk pergi. Jika Anda berada di Australia dan berpikir untuk bepergian ke Lebanon - jangan," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia Penny Wong dilansir ABC News, Kamis (1/8/2024).

 

"Beberapa penerbangan komersial masih beroperasi. Jika Anda dapat pergi, Anda harus pergi," imbuhnya.

 

Pemerintah Australia menyiapkan skenario evakuasi dengan kapal feri dari Lebanon ke Siprus, seperti yang dilakukannya ketika mengevakuasi lebih dari 5.000 warga Australia selama Perang Lebanon 2006.

 

BACA JUGA:135 Santri, Taman Pendidikan Al- Qu'ran MDA Fahfidz Wilayah Kementerian Agama Kemenag Seluma di Wisuda

BACA JUGA:New Honda Brio Satya Sangat Pas untuk Kamu Tampil Stylish, Cocok Buat Kamu yang Berjiwa Sporty

Namun, para pejabat Australia menekankan tidak ada jaminan operasi penyelamatan besar-besaran tersebut dapat dilakukan. Apalagi, jika perang skala besar meletus.

 

Amerika Serikat

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Beirut juga mendesak warganya meninggalkan Lebanon dengan 'tiket apa pun yang tersedia'. Dilansir BBC, Minggu (4/8), imbauan tersebut menyusul peringatan serupa dari Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy yang mengatakan situasi regional 'dapat memburuk dengan cepat'.

 

Iran diketahui sudah bersumpah untuk melakukan pembalasan 'keras' terhadap Israel yang disalahkan atas kematian Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran pada hari Rabu (31/7). Hizbullah yang berbasis di Lebanon dan didukung Iran dikhawatirkan memainkan peran besar dalam pembalasan semacam itu. Hal itu diprediksi dapat memicu tanggapan serius Israel.

 

Hizbullah telah meluncurkan puluhan roket ke kota Beit Hillel di Israel utara pada Minggu sekitar pukul 00.25 waktu setempat. Rekaman yang diunggah di media sosial menunjukkan sistem pertahanan udara Iron Dome milik Israel mencegat roket tersebut.

Kategori :