24 Penerima Penghargaan Satu Inspirasi, Ini Nama dan Jabatannya

Jumat 26-07-2024,12:00 WIB
Reporter : Radar Seluma
Editor : Radar Seluma

Direktur Pemberitaan B-Universe (holding grup Beritasatu.com) Apreyvita Wulansari menjelaskan, jika Satu Inspirasi 2024 ini merupakan event kali kedua, setelah tahun 2023 digelar dengan nama APDI (Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia). 

 

Guna melebarkan penerima penghargaan, yang tidak hanya berasal dari kalangan birokrat, maka nama acara tersebut diubah menjadi Satu Inspirasi.

 

BACA JUGA:Banpol Tak Dianggarkan, Nominal APBD Seluma Tidak Bergeser

 

“Kami melihat, banyak tokoh dan pimpinan perusahaan di luar birokrat yang layak mendapatkan apresiasi. Kali ini, kami perlebar agar di luar birokrat juga bisa menerima Satu Inspirasi,” ujar Vita, sapaan akrabnya di Hotel JS Luwansa (25-7).

Menurut Vita, acara tersebut merupakan tanggungjawab media untuk memberikan apresiasi terhadap mereka yang telah melakukan gagasan, inovasi positif,  serta tidakan nyata untuk masyarakat dan bangsa. 

 

Pemberian apresiasi tersebut tidak hadir secara tiba-tiba, namun melalui proses seleksi  panjang dan melibatkan tim juri yang berkompeten.

Awalnya, Satu Inspirasi menjaring calon penerima apresiasi sejak Mei 2024. Pada tahap pertama, tim riset menyeleksi sekitar 300 program yang ada, lalu menyaringnya dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Tahap kedua, dikerucutkan menjadi 35 nama program. Tahap ketiga, empat orang juri, yaitu; Prof Dadan Umar Daihani (Lemhanas RI), Dr. Agustinus Prasetyantoko (Rektor Unika Atma Jaya 2015-2023), Dr. Wahyu T Setyobudi (Pengamat Bisnis  dan Manajemen Binus Business School), Dr. Devie Rahmawati (Pengamat Sosial Vokasi Universitas Indonesia), menyeleksi 35 nama tersebut sehingga terseleksi menjadi 25 nama penerima apresiasi Satu Inspirasi.

Keempat juri menilai berdasarkan, empat kriteria; Dampak & Hasil sebesar 30%, Tingkat Inovasi 20%, Kolaborasi dan Partisipasi 30%, dan Keberlanjutan 20%. 

Para penerima apresiasi dimasukkan ke dalam enam kategori; Peningkatan Kesejahteraan Sosial, Pelestarian Lingkungan dan Energi Baru Terbarukan, Reformasi Birokrasi dan Layanan Prima, Penggerak Ekonomi Masyarakat, Transformasi Digital untuk Masyarakat, dan Komitmen Mendorong Pembangunan Daerah.

 

BACA JUGA:Banpol Tak Dianggarkan, Nominal APBD Seluma Tidak Bergeser

BACA JUGA:KPU Seluma Rakor Evaluasi Hasil Coklit dan Persiapan DPS

Kategori :