Inilah Tokoh Indonesia Sudah Masuk Dalam Kakbah, Siapa Mereka Berikut Penjelasannya.

Jumat 19-07-2024,10:46 WIB
Reporter : Radar Seluma
Editor : Radar Seluma

Kajian Islam, Radar Selum. Disway.id - Bagi umat Islam Kab'bah merupakan tempat Suci merupakan salah satu tempat suci. dan Kab'bah adalah bukan hanya sekedar sebuah bangunan akan tetapi Kab'bah merupakan arah Kiblat bagi Muslim di seluruh Dunia dalam menjalankan Sholat.

Salah satu Rukun Islam yaitu Rukun Islam yang ke kelima ialah naik haji jika mampu, tentunya hal tersebut menjadi impian setiap Muslim agar dapat panggilan mulia itu dari Allah SWT Kab'bah merupakan tempat bertemunya umat Muslim di seluruh Dunia untuk melaksanakan ibadah haji yang dilaksankan sekali dalam setahun.

Ketika sudah mendapatkan panggilan untuk naik haji dari Allah SWT tentu suatu kebanggan besar ketika bisa mendekati bangunan Kab'bah dan mencium Hajar Aswad lebih-lebih lagi bisa masuk dalam bangunan Kab'bah. Namun demikian, tidak semua orang diperbolehkan dapat masuk ke dalam bangunan Kakbah, hanya orang-orang tertentu saja yang diizinkan masuk dan melihat sendiri isi dalam bangunan tersebut. 

Di Indonesia sudah ada terdapat 4 tokoh Indonesia yang mendapatkan izin untuk memasuki dalam bangunan Kab'bah tersebut tentunya mereka bukan orang sembarangan namun merupakan tokoh Nasional yang berpengaruh, berikut tokoh-tokoh Indonesia yang pernah masuk Kakbah:

Pertama: Presiden kedua RI Jenderal Soeharto

 

Orang pertama di Indonesia yang beruntung sudah bisa masuk dalam bangunan Kab'bah yaitu Presiden kedua Republik Indonesia Jenderal Besar Suharto. Soeharto masuk ke Kab'bah ketika melaksanakan ibadah umrah bersama keluarganya pada tahun 1995 tepatnya 20 Oktober 1995. Umrah yang dilakukan oleh Presiden Suharto ketika Presiden Suharto saat kunjungan luar Negeri ke Arab Saudi. 

Sebagaimana kebiasaan ketika melaksanakan Umroh Presiden Suharto sebelum masuk ke dalam bangunan Kab'bah, terlebih dahulu melakukan tawaf selama 30 menit kemudian mencium Hajar Aswad sebanyak empat kali. Lalu Kemudian Presiden Suharto diizinkan untuk masuk ke dalam bangunan Kab'bah selama 20 menit, dengan pengawalan ketat dari Kerajaan Arab Saudi. usai memasuki bangunan Kab'bah Presiden Soeharto beserta rombongan lalu menyelesaikan ibadah sa’i.

Saat Presiden Soeharto ketika kunjungan kerja nya ke Arab Saudi sekaligus Umrah dan berkesempatan masuk dalam bangunan Kab'bah didampingi oleh Wakil Gubernur Makkah Pangeran Mochseen, dan Menteri Agama RI Tarmizi Taher, Menteri Sekretaris Negara RI Moerdiono, Menteri Luar Negeri RI Ali Alatas, dan Duta Besar Nana Sutresna. Selain itu, para wartawan yang bertugas meliput kunjungan ini juga diperbolehkan masuk ke Kakbah.

Kedua. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

 

Tokoh Indonesia kedua yang beruntung bisa masuk ke bangunan Kab'bah adalah Presiden keenam Republik Indonesia. Susilo Bambang Yudhoyono pada 27 April 2005 bersamaan dengan kunjungan kerja nya ke Arab Saudi. Sebelum ke Masjidil Haram, SBY sempat bertemu dahulu dengan Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz Al-Saud.

Dalam kesempatan itu SBY dan keluarga tidak mau melewatkan kesempatan itu untuk melaksanakan Umroh bersama Ibu Negara Kristiani Herawati alias Ani Yudhoyono beserta kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono, dan menantunya, Annisa Larasati Pohan.

Ketiga: Presiden Ir. Joko Widodo

 

Keberuntungan ketiga yang dapat masuk kedalam bangunan Kab'bah yaitu Presiden ke tujuh Republik Indonesia Ir Joko Widodo pada 15 April 2019 kesempatan itu ketika Presiden Jokowi melaksanakan ibadah umrah. 

Seperti Presiden lainnya, Jokowi juga mendapatkan pengawalan yang ketat dari Paspampres dan aparat Kerajaan Arab Saudi. Di dalam Kakbah, Jokowi dan keluarga memanjatkan doa, Presiden Jokowi sangat bersyukur dapat diberi kesempatan untuk menjejaki ruang dalam bangunan Baitullah atau Kab'bah yang merupakan arah Kiblat bagi umat Muslim di seluruh Dunia.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Arab Saudi adalah untuk bertemu dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Salah satu pembicaraan yang akan dibahas adalah mengenai penguatan hubungan ekonomi di antara kedua negara.

Keempat: Prabowo Subianto

 

Keberuntungan selanjutnya yang dapat masuk dalam bangunan Kab'bah yaitu Prabowo Subianto, yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan juga merupakan Presiden terpilih Republik Indonesia periode 2025-2029 kesempatan itu di dapat Prabowo Subianto pada tahun 1991 ketika Prabowo Subianto melaksanakan ibadah haji.

Itulah tokoh-tokoh Indonesian ya g mendapatkan kesempatan masuk dalam bangunan Kab'bah mudahan-mudahan kita suatu ketika juga mendapatkan kesempatan itu panggil oleh Allah SWT untuk melaksanakan ibadah Haji maupun Umroh. Aamiin ya rabbal Alamin (djl) 

Kategori :