Ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga hingga 6 kali (masing-masing sebesar 25 bp [1] ) sepanjang tahun tampaknya berlebihan bagi kami, di kedua negara. Di Eropa, meskipun momentum aktivitasnya lemah, tekanan inflasi inti yang masih di atas 2% seharusnya tidak memungkinkan ECB – dan Bank of England – untuk memulai pelonggaran moneter sebelum, paling banter, musim panas tahun 2024.
Lingkungan ekonomi yang buruk ini akan membuat perusahaan berada dalam situasi yang sulit . Oleh karena itu, percepatan tajam dalam kebangkrutan merupakan salah satu risiko penurunan utama dalam skenario utama kita, yang dalam banyak hal lebih mirip dengan punggung bukit dibandingkan jalan raya.
BACA JUGA:Update CASN 2024! Honorer Seluma Diprioritaskan oleh Pemerintah..Jokowi Sampaikan Ini
Negara-negara berkembang mendorong pertumbuhan global, namun masih sangat heterogen
Pada tahun 2024, negara-negara berkembang akan menjadi penggerak utama perekonomian global , memberikan kontribusi sebesar 1,7 poin persentase terhadap pertumbuhan PDB dunia sebesar 2,2%. Oleh karena itu, negara-negara berkembang akan menyumbang tiga perempat pertumbuhan global , tertinggi sejak tahun 2013. Asia Tenggara akan kembali menjadi salah satu kawasan paling dinamis, dengan pertumbuhan sebesar 4,6%, setelah 4% pada tahun lalu.
Negara-negara termiskin dan paling berhutang budi akan menghadapi kesulitan yang lebih besar. Dengan tingkat suku bunga yang tinggi dan dolar yang akan tetap kuat, terdapat banyak alasan untuk khawatir akan terjadinya kembali gagal bayar (default) pemerintah . Beberapa negara sudah mengalami default atau mendekati default, seperti Sri Lanka, Ghana, Ethiopia, Malawi, Pakistan, dan Laos.
Meningkatnya ketegangan di Laut Merah, biaya transportasi laut melonjak
Ketidakstabilan di kawasan Laut Merah merupakan ancaman besar bagi lalu lintas maritim . Jalur perdagangan ini menyediakan akses ke Terusan Suez, jalur laut tercepat yang menghubungkan Eropa (terutama Rotterdam atau London) ke Asia. Sekitar 12% perdagangan dunia dan 30% lalu lintas peti kemas dunia melewatinya.