Perda Seluma Pajak dan Retribusi Daerah Masih di Kemendagri

Kamis 04-01-2024,08:46 WIB
Reporter : Andry Dinata
Editor : Yudha

 

PEMATANG AUR - Peraturan Daerah (Perda) tentang pajak dan retribusi daerah Kabupaten Seluma saat ini sedang difasilitasi oleh Kemendagri. Setelah Perda ini selesai dievaluasi Kemendagri maka tahapan selanjutnya adalah pengesahan. Dengan hal ini nanti, ada sejumlah point yang berubah terkait dengan Pajak dan Retribusi daerah. Terkhusus untuk Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) yang mana pajak ini adalah pajak atas kegiatan pengambilan mineral bukan logam dan batuan, baik dari sumber alam di dalam dan/atau permukaan bumi untuk dimanfaatkan.

 

"Terkait dengan Perda itu saat ini masih dievaluasi oleh Kemendagri. Yang mana Perda ini difasilitasi oleh Gubernur, Kemenkeu, dan juga Kemendagri. Kita masih menunggu," kata Yuyun Afrianto, SE Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Seluma, kemarin (3/1).

BACA JUGA: PAW Iwan Harjo, DPRD Masih Tunggu Administrasi Lengkapi

BACA JUGA:Mobil Jeep Terbaru Turbo Mesin Kuat, Double Gardan Fitur Sistem Otomatis ini Daftar Harga dan Spesifikasinya

 

Yang sebelumnya pada pajak kendaraan bermotor (PKB) Kabupaten Seluma hanya dapat bagi hasil dari Provinsi. Setelah ada Perda ini nanti maka juga akan mendapatkan opsen. Sehingga dengan hal ini optimis PAD bakal lebih tinggi. 

Opsen adalah pungutan tambahan pajak menurut persentase tertentu. Ada 3 jenis pajak daerah yang dikenai opsen yaitu opsen Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), opsen Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan opsen Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB).

Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (UU HKPD), pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk menambahkan pungutan tambahan atas Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) atau yang disebut sebagai opsen. 

BACA JUGA:1,6 Juta Honorer Gagal Seleksi PPPK 2023, Diangkat Jadi ASN 2024 oleh MenPAN RB, Peluang Jadi PNS Besar?

 

Opsen diartikan sebagai pungutan tambahan yang dikenakan oleh pemerintah daerah atas pajak tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Opsen merupakan salah satu bentuk kewenangan fiskal daerah yang telah diatur dalam UU HKPD.

Berdasarkan UU HKPD, opsen diberlakukan untuk memperluas basis pajak daerah dan mengganti skema bagi hasil yang sebelumnya berlaku. Perlu diingat, opsen hanya dapat dikenakan jika tarif pajak pusat lebih rendah dari tarif maksimal yang ditentukan oleh UU HKPD, dan tidak boleh melebihi 50 persen dari tarif pajak pusat.(adt) 

 

Kategori :