Indonesia Retail Summit 2024, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Khususnya di Sektor Ritel

Indonesia Retail Summit 2024, Dorong Pertumbuhan Ekonomi   Khususnya di Sektor Ritel

Menko Airlangga buka acara--

 

BACA JUGA:Masuk Musim Tanam Lagi, Petani Padi Di Air Latak Takutkan Kembalinya Serangan Hama

BACA JUGA: Puluhan Ribu Simpatisan Antar Erjon Daftar ke KPU Seluma

Budi menambahkan bahwa IRS juga menjadi inisiatif penting mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya sektor ritel. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2024 mencatat angka positif sebesar 5,05 persen year-on-year (YoY). 

 

“Kami percaya bahwa acara ini akan menjadi katalis untuk melanjutkan momentum pertumbuhan ini, dengan mempertemukan berbagai pemangku kepentingan industri retail dan menciptakan peluang kolaborasi serta inovasi yang dapat memacu perkembangan sektor ini lebih lanjut," ujar Budi.

 

Haryanto Pratantara, Sekretaris Jenderal HIPPINDO sekaligus Ketua Indonesia Retail ummit 2024, mengucapkan teria kasih atas semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Ia juga mengatakan, tahun ini engusung tema Navigating the Future of Retail: Strategies for competitiveness and Innovation. Hal ini sejalan dengan perkembangan ritel yang sangat dinamis mengikuti perubahan perilaku konsumen.

 

"Kami ucapkan Selamat datang di acara opening ceremony Indonesia Retail Summit dan Indonesia Retail Expo 2024 dimana untuk tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-3 kali nya dan untuk tahun ini mengambil tema Navigating the Future of Retail: Strategies for competitiveness and Innovation. Hal ini sejalan dengan perkembangan ritel yang sangat dinamis mengikuti perubahan perilaku konsumen yang juga semakin berubah dan memiliki tuntutan yang semakin tinggi dari waktu ke Waktu," sebut Haryanto.

 

PDB Indonesia didominasi oleh Konsumsi Rumah Tangga yang mencapai 53,18% pada 2023 dan mencapai 54,53% pada Q2-2024. Hal ini didorong oleh kontribusi Konsumsi Rumah Tangga terhadap PDB Q2-2024 yoy yang mengalami kenaikan.

 

Gerakan Bangga Buatan Indonesia bertujuan meningkatkan daya saing produk dan pelaku UMKM sehingga produk Indonesia tidak hanya dicintai, dibeli, dan digunakan oleh pasar lokal namun juga oleh pasar global

Program Belanja di Indonesia Aja bertujuan untuk mengajak masyarakat membeli produk brand global, lokal, dan UMKM di Indonesia serta menarik wisatawan asing agar berbelanja di Indonesia.

Sumber: