Raja Aset Terbesar di Indonesia, Bank Mandiri Sabet Posisi Puncak Fortune Indonesia 100

Raja Aset Terbesar di Indonesia, Bank Mandiri Sabet Posisi Puncak Fortune Indonesia 100

Bank Mandiri masuk fortune 100--

 

Jakarta, Radarseluma.Disway.Id,  - Bank Mandiri kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan menempati posisi puncak dalam Fortune Indonesia 100, sebagai perusahaan dengan aset terbesar di Indonesia. Dalam data yang dirangkum oleh Fortune Indonesia, pada tahun 2023 Bank Mandiri tercatat memiliki total aset sebesar Rp2.174,21 triliun.

 

BACA JUGA: Tak Kunjungan Dibangun, Warga Desa Simpang Tagih Janji Bupati Seluma

BACA JUGA: Kemeriahan HUT RI Sampai ke Pelosok Seluma, Camat SAM Pimpin Upacara

Posisi yang melampaui capaian perusahaan jumbo di Tanah Air tersebut, menegaskan dominasi Bank Mandiri tak hanya di sektor perbankan nasional, tetapi turut menunjukkan kemampuan bersaing dengan perusahaan besar lainnya. Capaian itu, mencerminkan keberhasilan Bank Mandiri dalam menerapkan strategi bisnis yang efektif dan mengelola aset dengan baik. Kendari berada di tengah tantangan ekonomi yang fluktuatif. 

 

Hal ini semakin tercermin dengan pertumbuhan bisnis yang kian menguat, hingga paruh pertama 2024. Dari sisi total aset, di kuartal II 2024 Bank Mandiri berhasil mendorong perolehan aset menembus Rp2.258 triliun secara konsolidasi, naik 15% secara year on year (YoY). 

 

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menjelaskan, hal ini ikut didorong oleh  penyaluran kredit konsolidasi mencapai Rp1.532 triliun di Kuartal II 2024, tumbuh 20,5% secara tahunan. Pertumbuhan ini melampaui rata-rata industri perbankan yang tumbuh sebesar 12,36% YoY per Juni 2024. 

 

Realisasi kredit tersebut turut diikuti oleh pencapaian laba bersih Bank Mandiri secara konsolidasi yang tumbuh 5,23% YoY menjadi Rp26,6 triliun pada akhir Kuartal II 2024. "Untuk mendorong pertumbuhan kredit, Bank Mandiri berfokus pada perluasan ekosistem dan optimalisasi potensi di setiap wilayah, guna mencapai hasil maksimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan nasabah," kata Darmawan, Kamis (15/8).

 

Selain itu, Bank Mandiri bahkan berhasil menurunkan rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) dari 1,53% menjadi 1,01%. Penurunan ini menunjukkan pengelolaan risiko yang efektif oleh Bank Mandiri dalam menjaga kualitas kredit di tengah kondisi pasar yang fluktuatif.

Sumber: