Berikut Tip Bagi Anda Dalam Upaya Menagih Hutang Macet, 5 Strategi Efektif Sesuai Hukum

  Berikut Tip Bagi Anda Dalam Upaya   Menagih Hutang Macet, 5 Strategi Efektif Sesuai  Hukum

Upaya menangih kredit macet--

Susun Rencana Alternatif: Berdasarkan informasi yang Anda miliki, coba susun rencana penyelesaian hutang alternatif. Ini mungkin mencakup hal-hal seperti penundaan pembayaran, restrukturisasi hutang, atau bahkan menjual aset untuk melunasi hutang.

Lakukan Negosiasi Ulang: Dengan rencana baru di tangan, coba untuk bernegosiasi ulang dengan debitur. Pastikan untuk menjelaskan dengan jelas alasan mengapa rencana ini lebih baik bagi kedua belah pihak.

Pertimbangkan Bantuan Hukum: Jika semua upaya Anda gagal, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan bantuan hukum.

Saatnya Anda berkonsultasi dengan seorang pengacara untuk melayangkan surat somasi.

 

Somasi_ Langkah Awal dalam Penyelesaian Sengketa Hutang

 

Somasi adalah cara yang efektif untuk memberi tahu pihak lain bahwa mereka telah melanggar hak Anda. Ini adalah upaya pertama yang harus Anda lakukan sebelum melibatkan jalur hukum. Tujuannya adalah mencoba menyelesaikan masalah secara damai, dengan cara memberi kesempatan kepada debitur untuk membayar hutangnya.

 

Somasi berisi pernyataan resmi tentang pelanggaran yang telah dilakukan oleh debitur dan berisikan tuntutan Anda sebagai kreditur. Jika somasi tidak dijawab atau tidak ditindaklanjuti, Anda memiliki hak untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu proses hukum.

 

Ada beberapa aspek hukum yang biasanya menjadi dasar somasi, di antaranya:

 

Pelanggaran Berdasarkan Pasal 1238 KUH Perdata

Pasal 1238 KUH Perdata menjelaskan bahwa hutang harus dilunasi sesuai dengan apa yang disepakati. Jika debitur gagal memenuhi kewajibannya, maka dapat dikatakan telah melanggar hukum dan Anda sebagai kreditur berhak untuk mengambil tindakan.

Sumber: