PolyU Kembangkan Platform Fluida Serbaguna, Memprosesan Cairan yang Dapat Diprogram

PolyU Kembangkan Platform Fluida Serbaguna, Memprosesan Cairan yang Dapat Diprogram

PolyU Kembangkan Platform Fluida Serbaguna, Memprosesan Cairan yang Dapat Diprogram--

 

HONG KONG SAR, Radarseluma.Disway.Id,  - Masyarakat sangat bergantung pada beragam teknologi fluida. Kemampuan untuk menangkap dan melepaskan berbagai cairan kimia dan biologis secara tepat memainkan peran mendasar dalam banyak bidang.

 

Tantangan yang sudah lama ada adalah merancang platform yang memungkinkan penangkapan dan pelepasan cairan yang dapat dialihkan dengan kontrol spasial dan temporal yang tepat serta volume cairan yang akurat. Baru-baru ini, para peneliti di Universitas Politeknik Hong Kong (PolyU) telah menemukan metode baru untuk mengatasi tantangan ini secara efektif.

BACA JUGA:Kontrak Darurat Bukan Buat Menagih, Berikut Aturan Buat Debt Collector Pinjol 2024,Nasabah Wajib Tahu!

BACA JUGA:Woww!! Inilah 14 Game Paling Gahar di Steam Bulan Agustus 2024!

Dipimpin oleh Prof. WANG Liqiu, Profesor Yayasan Amal Otto Poon dalam Energi Cerdas dan Berkelanjutan, Ketua Profesor Teknik Termal-Fluida dan Energi, dari Departemen Teknik Mesin PolyU , tim peneliti telah mengembangkan prosesor fluida unik, "Connected Polyhedral Frames" (CPF). Dengan CPF, peralihan antara penangkapan dan pelepasan cairan menjadi reversibel, dapat diprogram, dan independen dari rangka polihedral yang digunakan dan cairan yang diproses, menjadikan prosesor tersebut sebagai meta-metamaterial.

Penelitian ini baru-baru ini dipublikasikan di Nature Chemical Engineering , dengan Dr Z HANG Yiyuan, Asisten Profesor Riset Departemen Teknik Mesin , sebagai penulis pertama.

 

Tidak seperti di bidang manipulasi padatan yang sudah sangat berkembang, penanganan cairan yang mudah tetap menjadi tugas yang merepotkan meskipun cairan ada di mana-mana, misalnya, di industri perawatan kesehatan, farmasi, biologi, dan kimia.

 

Saat cairan berinteraksi dengan peralatan, cairan tersebut sering kali membasahi dan menyebar pada padatan, sehingga mencegah pemindahan cairan secara menyeluruh, mengganggu akurasi volumetrik, dan menyebabkan kontaminasi silang antar sampel. Untuk menjaga kemurnian cairan, plastik sekali pakai seperti pipet dan tabung mikro digunakan secara luas, yang menambah masalah sampah plastik global.

 

Pengalihan reversibel antara penangkapan dan pelepasan adalah kunci kemampuan CPF untuk memproses cairan secara tepat, yang memungkinkan cairan dalam jaringan ditahan atau dikeringkan secara lokal, dinamis, dan reversibel sesuai keinginan. Dalam CPF, rangka di atas sambungan batang tunggal tanpa jalur drainase cairan di antara rangka, menangkap dan menahan cairan, sehingga berfungsi sebagai penangkap.

Sumber: