PolyU Kembangkan Platform Fluida Serbaguna, Memprosesan Cairan yang Dapat Diprogram

PolyU Kembangkan Platform Fluida Serbaguna, Memprosesan Cairan yang Dapat Diprogram

PolyU Kembangkan Platform Fluida Serbaguna, Memprosesan Cairan yang Dapat Diprogram--

 

BACA JUGA:Pilgub Sumut Dipastikan Panas, Mantan Gubernur Lawan Walikota Medan! PDIP Lawan All Partai

BACA JUGA: Waspadai Penipu Mengaku Penagih, FIFGROUP Cabang Bengkulu Sudah Laporkan ke Polisi

Sementara rangka di atas sambungan batang ganda menyerap tetapi melepaskan cairan, yang berfungsi sebagai pelepas. Hal ini karena ketika CPF diangkat dari cairan, lapisan tipis cairan terbentuk di antara sambungan batang ganda, yang menciptakan saluran di antara rangka yang memfasilitasi pelepasan cairan.

 

Pengalihan reversibel antara penangkapan dan pelepasan dapat dicapai, menggunakan alat yang tersedia, dengan membangun atau memutus kontinuitas cairan antar rangka. CPF menawarkan platform serbaguna yang memungkinkan banyak fungsi unik termasuk pola cairan yang dapat diprogram 3D, kontrol spasiotemporal 3D dari konsentrasi berbagai bahan, pengemasan susunan cairan 3D, dan manipulasi berbagai cairan dalam skala besar. CPF kompatibel dengan berbagai macam cairan, termasuk tetapi tidak terbatas pada larutan berair, biofluida, hidrogel, pelarut organik, larutan polimer, dan minyak. Oleh karena itu, berbagai biomaterial dan bahan kimia dapat dimasukkan ke dalam CPF untuk berbagai aplikasi.

 

Untuk menunjukkan kegunaan praktis CPF dalam pelepasan multiobat yang terkontrol, tim Prof. Wang merancang jaringan CPF untuk pola cairan biner 3D vitamin B2 dan B12 . Kedua vitamin tersebut, yang mewakili dua jenis molekul obat yang berbeda, masing-masing dienkapsulasi dalam hidrogel natrium alginat dan gom gellan, dan dilepaskan dalam larutan berair. Dengan mengubah ketebalan membran gel, laju pelepasan relatif dari kedua "obat" tersebut dapat dikontrol secara tepat.

 

Penyeka kapas tradisional dan penyeka kapas berkelompok mengalami residu sampel yang parah selama pelepasan sampel. CPF dapat mengatasi tantangan ini secara efektif karena struktur rangkanya menghasilkan antarmuka cairan-cairan bebas untuk efisiensi pelepasan yang tinggi. Dengan menggunakan virus influenza sebagai contoh, tim peneliti menunjukkan keunggulan CPF sebagai alat pengambilan sampel dengan kinerja pelepasan yang jauh lebih baik. Ketika konsentrasi virus rendah, CPF mendeteksi virus, sedangkan penyeka kapas berkelompok dan penyeka kapas gagal melakukannya.

 

BACA JUGA:Gunakan Jaminan Fidusia Proses Jual Beli Mobil Ferrari Sport Secara Kredit Lebih Cepat di Dealer

BACA JUGA:Harus Ada Keseimbangan Upaya Penagihan dan Perlindungan Konsumen, Asosiasi Advokat Konstitusi Adakan FGD

Tim tersebut juga telah menunjukkan penerapan CPF dalam enkapsulasi biomaterial. Mengambil contoh enkapsulasi Acetobacterium , CPF menunjukkan banyak keunggulan dibandingkan perangkat tradisional, termasuk dengan memfasilitasi pemisahan bakteri dan produk reaksi, menyederhanakan proses reaksi mikroba, dan meningkatkan laju pemanfaatan bakteri. Dapat dibayangkan bahwa CPF juga dapat diterapkan untuk mengenkapsulasi bahan biologis lain untuk produksi produk berharga lainnya yang efisien.

 

Sumber: