Jelang Pilkada, Bawaslu Seluma Pantau Pergerakan ASN di Medsos

Jelang Pilkada, Bawaslu Seluma Pantau Pergerakan ASN di Medsos

Gandi Indah Jaya Ketua Bawaslu Seluma--

 

PASAR TAIS, radarseluma.disway.id - Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 yaitu pemilihan calon Bupati dan wakil Bupati Seluma Bawaslu Seluma tetap memantau pergerakan Aparatur Sipil Negara (ASN). Kami Bawaslu Seluma meminta agar ASN di  jajaran pemerintah Kabupaten Seluma menjaga netralitas selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 berlangsung,” kata ketua Bawaslu Gandi Indah Jaya, kemarin (9/7).

Gandi mengatakan pengawasan netralitas ASN tetap dilakukan meski pendaftaran bupati dan wakil bupati belum dibuka oleh KPU. 

Selain itu juga Bawaslu Kabupaten Seluma juga melakukan pengawasan konten di media sosial yang kemungkinan dibuat dan diupload oleh ASN. Pengawasan konten di media sosial itu kata Gandi akan mulai dilakukan saat masa kampanye Pilkada dimulai. "Saat ini pengawasan juga tetap kita lakukan. Untuk pengawasan di media sosial. Itu nanti kita lakukan kalau masa kampanye sudah mulai,” sambungnya. 

Saat ini Bawaslu Seluma tengah melakukan pengawasan tahapan pilkada yaitu pantarlih melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data yang dilakukan oleh petugas pantarlih. Dan dalam hal ini Bawaslu sudah menekankan Panwascam dan PKD untuk terus memantau pelaksanaan coklit.

Karena menurut Gandi, Coklit ini merupakan hal yang krusial dan jangan sampai ada masyarakat yang kehilangan hak suaranya karena tidak didata. Bahkan hal ini merupakan tindak pidana yang bisa diancam dengan kurungan penjara.(adt)

 

Sumber: