Bawaslu Seluma Awasi Coklit dan Verfak

Bawaslu Seluma Awasi Coklit dan Verfak

Gandi Indah Jaya Ketua Bawaslu Seluma--

PASAR TAIS, radarseluma.disway.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Seluma mendampingi ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Faham Syah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih pilkada 2024 di Kelurahan kelurahan Pasar Tais. 

Ketua Bawaslu Seluma Gandi Indah Jaya menyampaikan kegiatan pengawasan ini untuk memastikan pelaksanaan coklit yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) berjalan sesuai dengan ketentuan. Kemudian untuk  memastikan jajaran pengawas bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan wewenangnya.

"Hari ini (kemarin) kita mendampingi ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu turun langsung di Kelurahan Pasar Tais untuk memastikan proses pencoklitan berjalan sebagaimana mestinya. Ya, termasuk juga tahapan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan gubernur dan wakil kita monitoring," kata Gandi, kemarin. 

BACA JUGA: Tiongkok Capai Sinergi Bakat Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Kekuatan Produktif Berkualitas Baru

BACA JUGA: EBC Financial Group “Broker FX Paling Tepercaya” dan “Broker CFD Terbaik” di World Finance Awards

Dikatakan Gandi saat ini ada dua tahapan yang berjalan berbarengan dilakukan oleh KPU Seluma. Yang pertama pemuktahiran data pemilihan kemudian verifikasi faktual dukungan calon perseorangan. "Saat ini sedang berlangsung dua tahapan yaitu verifikasi faktual untuk calon gubernur dan wakil. Kemudian tahapan pemuktahiran data. Oleh karena itu kami hendak memastikan jajaran kami Panwascam dan PKD menjalankan tugas pengawasan sesuai dengan ketentuannya," sambungnya.

Lebih lanjut, Gandi menuturkan bahwa Tahapan Coklit sangat penting terkait dengan Data Pemilih.

"Tentu coklit ini akan menentukan kualitas data pemilih khususnya di Kabupaten Seluma, atas hal tersebut perlu adanya pengawasan  optimal dari PKD dalam hal melakukan coklit dan verifikasi faktual," tutupnya.(adt)

 

 

Sumber: