Bawaslu Seluma Bakal Awasi Pemuktahiran Data Pemilih

Bawaslu Seluma Bakal Awasi Pemuktahiran Data Pemilih

Ketua Bawaslu Seluma Gandi Indah Jaya--

 

PEMATANG AUR, radarseluma.disway.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seluma akan melakukan pengawasan terhadap tahapan pemutakhiran data pemilih untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Seluma.

 

Pihaknya pun telah menggelar rapat kerja teknis untuk pengawasan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan indeks kerawanan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup) mendatang.

 

Ketua Bawaslu Seluma, Gandi Indah Jaya mengatakan, pengawasan ini dianggap sangat penting, lantaran guna memastikan hak pilih masyarakat terpenuhi. Terlebih sesuai PKPU Nomor 02 Tahun 2024, tentang tahapan Pilkada, saat ini telah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih.

BACA JUGA:Inspiro Raih Emas di Asia-Pacific Stevie Awards 2024

BACA JUGA:Idul Adha, Bupati Seluma: Momentum Tingkatkan Ketakwaan dan Keikhlasan

BACA JUGA: Desa Jenggalu Seluma, Terbanyak Qurban Se-kabupaten! LDII Seluma Sumbang 13 Ekor Hewan Kurban

"Kita akan melakukan pengawasan lebih banyak kepada panitia pemutakhiran data pemilih. Kita terus memantapkan kerja-kerja pengawasan di tingkat kabupaten hingga di pengawas desa dan kelurahan,” katanya, kemarin. 

 

Dalam penyusunan data pemilih, perlu diperhatikan tiga poin penting dalam penyusunan daftar pemilih. Pertama, menambah pemilih baru bagi pemilih muda yang telah cukup usia untuk mencoblos. Kedua, mencoret daftar pemilih bagi yang tidak berhak dalam hal ini apabila ada pemilih sudah meninggal. Ketiga, ketika ada warga yang beralih status misalnya warga sipil menjadi TNI Polri atau sebaliknya.(adt) 

 

Sumber: