Penyakit Jadi Perhatian Di Seluma..Simak Selengkapnya!

Penyakit Jadi Perhatian Di Seluma..Simak Selengkapnya!

Kepala Dinkes Seluma Rudi Syawaludin--

 

Dikatakannya, penderita TBC dapat sembuh dalam waktu enam hingga 12 bulan jika di obati secara serius dan dilakukanya tes dahak.

 

" penderita dapat dikatakan sembuh total dari TBC apabila hasil pemeriksaan tes dahak atau (BTA) memiliki hasil negatif."

BACA JUGA:Berikut Daftar Lengkap Gapoktan Di Seluma Terima Bantuan!

BACA JUGA: BPBD Salurkan Bantuan Untuk 30 KK, Korban Banjir di Padang Bakung Seluma

Lanjut Masda, mengingat banyaknya kasus TB atau dikenal dengan sebutan TBC adalah jenis infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis.

 

Ia menyarakan jika masyarakat mengalami gejala demam ringan, berat badan turun drastis, batuk berdarah, dan mudah berkeringat saat malam hari. TBC juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius, seperti kerusakan

 

" Ini merupakan penyakit berbahaya yang bisa sebabkan kematian apabila tidak segera ditangani dengan baik. Ciri khas gejala TBC ditandai dengan batuk terus-menerus selama lebih dari dua minggu. Jika mengalami segera cek ke puskesmas terdekat disitu ada alat RDT untuk mengecek penyakit tersebut."

 

Ditambahkannya, dari tahun 2017 Dinkes Seluma hingga saat ini terus mengupayakan penyakit TBC ini agar tereleminasi atau diminimalisir. Sebab penyakit lainya seperti Kusta dan Cacingan telahtereleminasi. (ndo) 

Sumber: