FIFGROUP Salurkan Rp3,5 Miliar Dana Bergulir, Untuk 800 UMKM

   FIFGROUP Salurkan Rp3,5 Miliar Dana Bergulir, Untuk 800 UMKM

Momen foto bersama setelah penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Kolaborasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM dalam Program Dana Bergulir pada Kamis, 6 Juni 2024.--

 

BACA JUGA: Usai Terima Sertifikasi, Guru Terima Gaji ke 13! Ada 4.043 Orang

BACA JUGA: Bukan Wilayah Pelayanannya, KWI Tak Ajukan Izin Kelola Tambang

Tingkat pengembalian yang tinggi

Dalam kegiatan dana bergulir ini, FIFGROUP tetap memantau tingkat kesehatan UMKM dengan index current rate, yaitu persentase kelancaran pengembalian dana yang dibayarkan tidak melebihi tanggal jatuh tempo pada bulan berjalan. Target current rate adalah sebesar 93,5%, dan pencapaian UMKM FIFGROUP berada di angka 99,1%, artinya hampir seluruh UMKM ini sehat dan berkomitmen untuk mengembalikan dana bergulir dengan tingkat pengembalian yang relatif tinggi. Dan dengan adanya tingkat pengembalian yang tinggi, maka artinya program Dana Bergulir ini bisa terus dilanjutkan ke tahun berikutnya.

FIFGROUP juga mengadakan program Repeat Order (RO) bagi setiap UMKM yang sehat, dengan diberikan kesempatan untuk mendapat dana pinjaman yang sama atau penambahan yang lebih besar dari sebelumnya.

UMKM yang diberikan Dana Bergulir dibagi menjadi beberapa bagian dengan jangka waktu cicilan minimal 10 bulan, 12 bulan, dan sampai maksimal 36 bulan. Pembagiannya adalah sebagai berikut:

 

- UMKM New Customer (Rp 2.000.000)

- UMKM Repeat Order (RO) (Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000)

- UMKM Yayasan (Rp 5.000.000 – Rp 25.000.000)

 

Dengan semangat dan kolaborasi yang kuat, FIFGROUP berharap program ini terus berlanjut dan membantu UMKM Indonesia tumbuh dan bersaing di tingkat global. Sebagai langkah tambahan, FIFGROUP juga membuat E-Catalog yang berisi profil usaha UMKM binaan untuk membantu penjualan secara online, baik internal maupun eksternal.

 

Program ini merupakan bentuk komitmen FIFGROUP dan Astra dalam mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, sejalan dengan tujuan mereka untuk terus membantu UMKM naik kelas dan berkembang menjadi usaha yang sehat dan mandiri.

Sumber: