FIFGROUP Salurkan Rp3,5 Miliar Dana Bergulir, Untuk 800 UMKM

   FIFGROUP Salurkan Rp3,5 Miliar Dana Bergulir, Untuk 800 UMKM

Momen foto bersama setelah penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Kolaborasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM dalam Program Dana Bergulir pada Kamis, 6 Juni 2024.--

                                                                                  

 

Jakarta, Radarseluma.Disway.Id,  Berstatus sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia, Indonesia memiliki pasar yang luas dan beragam untuk berbagai produk dan jasa. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam menghasilkan aneka produk dan jasa, sekaligus menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

BACA JUGA:Mitsubishi Meluncurkan New Pajero Sport 2024, SUV Handal Terbaru Desain Lebih Tinggi dan Memukau

BACA JUGA: Bank Mandiri Terapkan Digital Carbon Tracking, Tekan Emisi Perusahaan

 

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM, pada tahun 2023 terdapat sekitar 65,5 juta unit UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah ini menyumbangkan kontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia, dengan persentase sekitar 61% atau senilai dengan Rp9,58 triliun. Bahkan kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai sebesar 97% dari total tenaga kerja. Namun, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut, sebagian besar UMKM masih mengalami berbagai tantangan, seperti kesulitan naik kelas, minim akses digitalisasi, sulit menembus pasar global, hingga kekurangan layanan finansial. 

 

Aneka peluang dan sekaligus tantangan itu memanggil PT Federal International Finance (FIFGROUP) dalam dukungannya bagi sektor mikro, kecil dan menengah. Sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk (Astra) dan juga bagian dari Astra Financial, FIFGROUP terus berkomitmen dalam hal pengembangan UMKM. Hal ini sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap Aspirasi Sustainability Astra melalui strategi keberlanjutan Triple-P Roadmap Astra yang terdiri atas pilar Portfolio, People, dan Public Contribution.

 

Bentuk dukungan tersebut khususnya terhadap pilar Public Contribution, dilakukan melalui implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR). Lewat FIFGROUP Sejahtera dengan Penyaluran Dana Bergulir, FIFGROUP menyalurkan Dana Bergulir senilai Rp3,5 miliar bagi 800 pelaku UMKM di tahun 2024. Penyaluran ini dirangkai dengan perayaan ulang tahun FIFGROUP yang ke-35 tahun.

 

Program ini ditandai lewat kegiatan Kick Off bertajuk “UMKM Tangguh, Ekonomi Tumbuh” pada Kamis, 6 Juni 2024 yang digelar secara hybrid di Menara FIF, Jakarta Selatan yang diikuti seluruh pelaku UMKM binaan di seluruh Indonesia. Selain penyaluran dana bergulir tanpa bunga, terdapat juga pembinaan dan pengembangan lewat kolaborasi bersama Astra, yayasan yang berada di naungan Grup Astra, yayasan non Astra, serta pemerintah daerah. Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, dan Direktur FIFGROUP, Esther Sri Harjati.

 

Sumber: