Lebaran Usai, Inspektorat Segera Audit DD Tebat Sibun Seluma

  Lebaran Usai, Inspektorat Segera Audit DD Tebat Sibun Seluma

Inspektur Inspektorat Seluma Marah Halim--

Terkait dengan adanya rencana audit yang akan dilakukan Inspektorat Kabupaten Seluma. Kepala Desa Tebat Sibun, Wekadin Saputra mengatakan, jika pihaknya berharap agar auditor Inspektorat Kabupaten Seluma dapat mempercepat proses audit Investigasi program DD Tahun Anggaran (TA) 2022. 

 

BACA JUGA:Suasana Lebaran H 5 Ramai Padat Para Pengunjung Nikmati Air Laut Pantai Panjang, Kota Bengkulu

 

"Kami harap auditnya segera dipercepat agar semuanya jelas," ujarnya.

 

Dirinya juga mengatakan, jika adanya dugaan Kerugian Negara (KN) dari pengelolaan DD TA 2022 ini memang sudah diharapkan oleh masyarakat Desa Tebat Sibun. Karena ada beberapa item yang diduga dalam proses pelaksanaannya tidak sesuai dengan rencana awal. Sehingga meresahkan masyarakat.

 

Pada pengelolaan program DD Tebat Sibun TA 2022 yang lalu. Pada saat itu yang menjabat masih kepala desa yang lama, Yakni Ujang Jahri. Sedangkan dirinya baru saja dilantik pada bulan Oktober 2023 yang lalu. Namun dirinya mengaku tidak akan intervensi petugas saat melakukan audit dan diharapkan agar hasilnya dapat terang benderang sehingga tidak timbul prasangka negatif.

 

"Saya tidak akan menghambat apapun terkait audit ini. Biarkan prosesnya berjalan agar masyarakat puas," pungkasnya.

 

Dimulainya rangkaian proses audit DD Desa Tebat Sibun ini akhirnya menjawab pertanyaan warga yang kerap mempertanyakan berulang ulang terkait kejelasan kapan audit dilakukan, karena laporannya telah dilimpahkan dari Polres Seluma ke Inspektorat Seluma pada pertengahan 2023 yang lalu untuk diaudit.

 

Untuk diketahui, pada awal April 2023 yang lalu. Pemerintah Desa Tebat Sibun dilaporkan oleh masyarakatnya ke Inspektorat Pemkab Seluma dan Polres Seluma. Hal ini terkait dengan dugaan penyelewengan dana desa yang berdampak kepada terhambatnya proyek pembangunan di Desa tersebut.

Sumber: