Pelaku Pasar Tunggu Kepastian Penurunan Fed Funds Rate

Pelaku Pasar Tunggu Kepastian Penurunan Fed Funds Rate

Daily Economic dan market Rivew--

 

Radarseluma.Disway.Id, - Keputusan The Federal Reserve (The Fed) menjadi fokus pasar finansial global.

Kebijakan The Fed menjadi perhatian pasar global karena memiliki pengaruh terhadap perekonomian global. Perubahan dalam suku bunga atau kebijakan moneter AS dapat mempengaruhi nilai tukar mata uang, aliran modal internasional, dan kondisi ekonomi di banyak negara karena The Fed merupakan salah satu bank sentral terbesar dan paling berpengaruh. Setiap keputusan yang dibuat oleh The Fed dapat mempengaruhi pergerakan pasar saham, obligasi, dan nilai tukar.

 

BACA JUGA:Serangan Israel saat Idul Fitri di Gaza, Tewaskan 3 Putra Pimpinan Hamas

BACA JUGA:4 Teknisi Mal di Cirebon Tewas! Ini Penyebabnya

The Fed memberikan sinyal penurunan suku bunga akan bergantung pada perkembangan data-data ekonomi AS.

Data-data ini mencakup indikator-indikator ekonomi utama seperti tingkat inflasi, pertumbuhan PDB, tingkat pengangguran, dan kondisi pasar tenaga kerja. Berdasarkan proyeksi ekonomi (Fed Guidance) terbarunya yang dirilis pada FOMC meeting Mar-24, The Fed berencana untuk menurunkan Fed Funds Rate (FFR) sebesar 75 bps pada tahun 2024 (sebanyak tiga kali) namun tidak memberikan detail waktu yang pasti untuk memulainya.

 

Volatilitas pasar meningkat ketika The Fed mengindikasikan masih menahan FFR.

Pada akhir Mar-24, The Fed masih mengindikasikan bahwa era tingginya suku bunga AS akan dipertahankan untuk beberapa waktu ke depan. Pernyataan ini didukung oleh pertumbuhan ekonomi AS yang masih resilien dengan inflasi CPI yang masih sebesar 3,2% pada Feb-24. The Fed diperkirakan akan mempertahankan FFR pada batas atas 5,50% selama 1-2 bulan ke depan.

 

BACA JUGA:Ferrari, Mobil SUV Sport Kelas Dunia Tanpa Tanding Dilengkapi dengan Sistem Tombol Bergerak Otomatis

BACA JUGA:Di Momen Lebaran, Warga Talang Sali Seluma Meninggal Jadi Korban Tabrak Lari

Sumber: