Seluma Sampaikan Usulan Formasi CASN ke Kemenpan RB

Seluma Sampaikan Usulan Formasi CASN ke Kemenpan RB

Sekda Usulkan Formasi CASN Pemkab Seluma di Laporkan ke Kemenpan RB--

 

PEMATANG AUR, Radar.Seluma.disway.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Seluma H Hadianto, SE, MM, M.Si menyampaikan Pemerintah Kabupaten Seluma sudah menyampaikan usulan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Usulan tersebut disampaikan melalui aplikasi. Dan finalnya formasi CASN nanti akan diputuskan oleh Kemenpan RB

 

Tahun ini Kabupaten Seluma menerima kuota CASN cukup banyak yakni 2.554. Meliputi 1.350 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS),  275 Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Kesehatan (Nakes), 379 PPPK guru, dan 550 PPPK Umum. "Jadi saat ini kita sudah menerima kuota sebanyak 2.554. Kita sudah meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyampaikan berapa jumlah kebutuhan ASN termasuk dengan formasinya," jelas Sekda, kemarin. 

BACA JUGA:Jalan Tl Durian di Seluma Dibangun Dengan DBH Kelapa Sawit

BACA JUGA:Ratusan Lunjuk Dibakar Halaman Rumah Dinas Bupati BS

"Alhamdulillah semua usulan kita untuk formasi penerimaan ASN tahun 2024 sudah kita sampaikan melalui aplikasi. Mudah-mudahan nanti dikabulkan oleh  Menteri PAN-RB. Usulan itu semata mata mengacu kepada kebutuhan real ASN baru di Kabupaten Seluma, untuk kelancaran operasional birokrasi serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” sambung Sekda. 

 

Selain itu rekrut PNS ini bertujuan untuk mengisi tenaga yang telah memasuki masa pensiun dan lebih dari itu juga untuk mengisi beberapa posisi dari pengembangan kelembagaan, termasuk memperluas jangkauan pelayanan. 

 

Pengusulan ASN baru itu juga tak terlepas dari percepatan atau akselerasi tujuan strategis nasional secara umum serta Pemkab Seluma. Dalam upaya untuk mewujukan organisasi birokrasi melayani yang lebih dinamis dan berpihak kepada rakyat. "Yang pasti seperti di Dinas PUPR itu banyak usulan tehnik sipil. Seperti di Dinas Pertanian kita membutuhkan sarjana pertanian. Kalau yang teknis seperti hukum, sarjana ekonomi, dan administrasi negara," urai Sekda.

BACA JUGA:Polsek Talo, Membagikan Takjil di Jalan Raya untuk Masyarakat Penggunan Jalan, Mengimbau Patuhi Lalulintas

BACA JUGA:Mitsubishi Siapkan Pajero PHEV untuk 2026 Dirancang dengan Model Baru Siap Tampil di Pasar Otomotif di Dunia

Kemudian Sekda menyampaikan Sesuai dengan hasil dari Rakornas beberapa waktu yang lalu, menyangkut jadwal penerimaan hingga testing bagi ASN baru itu akan diumumkan lebih lanjut. Namun dipastikan jika penerimaan itu akan berlangsung dalam dua tahap. “Intinya, kita menunggu arahan lebih lanjut dari pusat, terkait dengan jadwal penerimaan formasi baru ASN itu, namun disebutkan, jika penerimaan itu akan berlangsung dalam dua tahap,” tutupnya.(adt)

Sumber: