Profil Lengkap Wayne Rooney Sang Legenda Sepak Bola Inggris

Profil Lengkap Wayne Rooney Sang Legenda Sepak Bola Inggris

Profil Lengkap Wayne Rooney Sang Legenda Sepak Bola Inggris--

 

Radar Seluma.disway.id -  Sepak Bola telah menciptakan pemain pemain hebat yang menjadi legenda. Wayne Rooney, seorang ikon serta legenda sepak bola Inggris, dilahirkan pada tanggal 24 Oktober 1985 di Liverpool, Inggris. Dia adalah salah satu pesepak bola terbesar yang pernah dimiliki oleh Inggris, dan dianggap sebagai salah satu striker terbaik yang pernah ada di Premier League dan di dunia. Rooney juga pernah mengambil peran sebagai pelatih setelah pensiun sebagai pemain.

 

Masa Muda dan Awal Karier:

Rooney mulai menunjukkan bakat luar biasa di lapangan sepak bola sejak usia dini. Dari usia yang sangat muda, dia bergabung dengan akademi sepak bola Everton, klub yang juga merupakan tim kesayangannya. Debut profesionalnya terjadi pada usia yang sangat muda, tepatnya pada tahun 2002, dan dalam debut tersebut, dia mencetak gol yang mengesankan melawan Arsenal.

 

Karier Klub:

Setelah beberapa musim sukses bersama Everton, Rooney pindah ke Manchester United pada tahun 2004 dengan biaya transfer yang menggemparkan pada saat itu, menjadikannya pemain termahal di bawah usia 20 tahun. Di United, Rooney menunjukkan penampilan gemilang dan menjadi pilar utama dalam kesuksesan klub. Ia membantu United meraih banyak gelar, termasuk lima gelar Premier League dan Liga Champions UEFA pada tahun 2008.

 

Pada tahun 2017, setelah 13 tahun bersama Manchester United, Rooney kembali ke Everton sebelum akhirnya bermain di luar negeri, bergabung dengan klub MLS D.C. United di Amerika Serikat. Pada tahun 2020, ia kembali ke Inggris untuk bermain bersama klub asalnya, Derby County, sebagai pemain dan pelatih.

BACA JUGA:Ronaldinho Sang Legenda Brasil yang Menggetarkan Dunia Sepak Bola

BACA JUGA:Perjalanan Karier Cristiano Ronaldo Dari Madeira ke Puncak Dunia Sepak Bola

Karier Internasional:

Rooney juga memiliki karier yang mengesankan di timnas Inggris. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi timnas Inggris dengan 53 gol dari 120 penampilan. Meskipun tidak pernah memenangkan trofi besar dengan Inggris, Rooney tetap dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah mengenakan seragam Three Lions.

Sumber: