Kuota Kemenkes 2024, 23.200 Formasi! Untuk CPNS dan PPPK, MenPAN-RB Setuju

Kuota  Kemenkes 2024,  23.200 Formasi! Untuk CPNS dan PPPK, MenPAN-RB Setuju

MenPAN-RB menyerahkan kuota ke Menkes--

 

Anas menyebut secara persentase, persetujuan formasi Kemenkes terbilang yang paling besar. Menurutnya instansi lain yang persetujuan formasinya rata-rata berkisar 70-80% dari usulan yang diajukan.

 

Kendati demikian, kata dia, terdapat instansin dengan pereetujuan formasi tinggi sebesar 95%, yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Adapun pertimbangannya lantaran sektor kesehatan dan pendidikan adalah pelayanan dasar yang menjadi fokus pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM RI.

 

Secara khusus Anas juga menyampaikan skema insentif bagi tenaga kesehatan yang bertugas di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Skema insentif itu kini sedang digodok dalam Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Manajemen ASN yang bakal rampung akhir April 2024.

 

BACA JUGA:Ketua DPRD Seluma Punya Kans Maju Sebagai Bupati Seluma

BACA JUGA:Lengkap dengan Tabel Pinjaman KUR Mandiri Bunga Relatif, Tenor Bervariasi, Cicilan Terjangkau, Proses Cepat

"Kemarin juga kita bahas usul dari Pak Menkes bahwa telah dipetakan 148 kabupaten/kota, termasuk di dalamnya 3T, yang beberapa dokter akan direkrut sebagai PNS Kemenkes, dibayar Kemenkes. Juga berkoordinasi dengan Kemenkeu karena terkait aspek pembiayaan," jelas mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut.

 

Kementerian PAN-RB memperhatikan pengadaan ASN Kemenkes yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Harapannya kehadiran talenta-talenta baru atau talenta digital mampu mengembangkan pelayanan kesehatan di IKN dengan cepat.

 

 Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berterima kasih atas perhatian yang diberikan Kementerian PAN-RB. Ia mengapresiasi langkah Kementerian PAN-RB yang membuka ruang bagi talenta digital di sektor kesehatan.

 

Sumber: