Pengukuhan Sovereign Credit Rating Indonesia, Fitch Proyeks Pertumbuhan 5%

Pengukuhan Sovereign Credit Rating Indonesia, Fitch Proyeks Pertumbuhan 5%

Daily Economic dan market Rivew--

 

Radarseluma.Disway.id, - Pengukuhan peringkat kredit Indonesia oleh dua lembaga pemeringkat internasional.

Dalam waktu yang berdekatan, dua lembaga pemeringkat yaitu Fitch Ratings dan Japan Credit Rating Agency, Ltd. (JCR) telah memutuskan untuk mengukuhkan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia. 

BACA JUGA:Aplikasi Membaca yang Populer di Play Store

BACA JUGA:Rasulullah SAW Berbuka dengan Yang Manis-manis Ini Resep Yang Manis-manis Bubur Biji Salak

Fitch mempertahankan pada peringkat BBB, satu tingkat di atas level terendah investment grade, dengan outlook ’stabil’ pada 15 Maret 2024 lalu. Keputusan ini sejalan dengan hasil asesmen bahwa kondisi ekonomi Indonesia tetap bertahan di tengah ketidakpastian global yang masih tinggi dan efektivitas kebijakan moneter serta makroekonomi yang terjaga.

 

Aktivitas ekonomi Indonesia akan terus membaik.

Fitch memproyeksikan rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia akan kembali kepada level sebelum pandemi yaitu mencapai 5% ke depan. Fitch melihat perekonomian Indonesia akan terakselerasi oleh kebijakan pasca-Pemilu 2024 serta kebijakan moneter dan fiskal.

 

Kebijakan moneter dan fiskal yang diarahkan untuk menjaga stabilitas makroekonomi.

Kedua lembaga ini kompak mengatakan bahwa kebijakan moneter dan fiskal, sama-sama diarahkan untuk menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan. Dukungan Bank Indonesia dalam pembiayaan defisit fiskal telah membantu terjaganya stabilitas pasar surat berharga Pemerintah sekaligus memberikan ruang alokasi anggaran untuk belanja Pemerintah yang lebih produktif.

 

Afirmasi peringkat kredit dapat menjadi faktor positif bagi pasar obligasi domestik.

Sumber: