Cegah Penyebaran Penyakit DBD, Ini Imbauan Sekda BS

Cegah Penyebaran Penyakit DBD, Ini Imbauan Sekda BS

Petugas Dinkes BS Memberikan Arahan Terkait Pencegahan DBD dan Pembagian Bubuk Abate--

 

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma,disway,id - Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) bukanlah penyakit yang bisa diremehkan. Telat menempuh langkah penanganan, nyawa menjadi taruhan. "Penyakit DBD dapat menyerang siapa pun, baik kelompok anak-anak, maupun orang dewasa. Oleh karena itu, langkah pencegahan perlu dilakukan, salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal,"ungkap Sekda Sukarni SP.M.Si.

 

Ia menyadari penyakit DBD disebabkan faktor cuaca tak menentu. Maka tidak bosannya mengajak masyarakat menjaga kebersihan tempat tinggal khususnya.

 

"Kasus DBD kerab terjadi di wilaya padat penduduk. Petugas kesehatan, mengajak serta membawakan bubuk abate untuk memberantas jentik-jentik nyamuk, itu imbauan harus jadi perhatian serius agar warga tidak terdampak DBD,"kata Sukarni.

 

Diakui Sukarni, fogging bukan tidakan yang baik karena hanya membunuh nyamuk dewasa saja, tidak membunuh larva, telur ataupun jentik nyamuk. 

BACA JUGA:Tindak lanjuti Investor China, Sekda BS Kumpulkan Kepala OPD

BACA JUGA:Jembatan Simpang di SelumaTak Kunjung Dibangun

"Mari sama-sama lakukan pembasmian larva, telur serta jentik nyamuk. Dengan membersihkan tempat lembab, genangan air yang dapat menyebabkan tumbu kembangnya nyamuk. Selanjutnya masukan bubuk Abate sebagai pembunuh larva, telur dan jentik nyamuk. Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini, memberihkan nyamuk sulit untuk berkembang biak,"pungkas Sukarni.

 

Sukarni jugau menyampaikan tak kalah pentingnya menerapkan 3M plus, yaitu menguras, mendaurulang dan mengubur barang bekas yang bisa menampung genangan air serta menghindari gigitan nyamuk dengan memakai obat anti nyamuk atau memakai kelambu saat tidur dimalam hari.

Sumber: