Perda Pajak dan Retribusi Daerah di Seluma Sudah Difasilitasi Kemendagri

Perda Pajak dan Retribusi Daerah di Seluma Sudah Difasilitasi Kemendagri

Asisten I Pemerintah dan Kesra Setda Kabupaten Seluma H Hendarsyah, Sampaikan Bahwa Perda Pajak dan Retribusi Sebelumnya difasilitas Kemendagri--

 

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma,disway,id - Peraturan Daerah (Perda) tentang pajak dan retribusi daerah Kabupaten Seluma saat ini sedang  dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seluma. Sebelumnya Perda ini difasilitasi oleh Gubernur Bengkulu, Kementerian Keuangan, dan Kemendagri. Setelah selesai dievaluasi maka tahapan selanjutnya adalah pengesahan. Dengan hal ini nanti, ada sejumlah point yang berubah terkait dengan pajak dan retribusi daerah. Terkhusus untuk pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) yang mana pajak ini adalah pajak atas kegiatan pengambilan mineral bukan logam dan batuan, baik dari sumber alam di dalam dan/atau permukaan bumi untuk dimanfaatkan.

 

"Terkait dengan Perda Pajak dan Retribusi Daerah hari ini (kemarin) dibahas di DPRD. Yang mana Perda ini sebelumnya difasilitasi oleh Gubernur, Kemenkeu, dan juga Kemendagri," kata Asisten I Pemerintah dan Kesra Setda Kabupaten Seluma H Hendarsyah, kemarin (27/2).

BACA JUGA:Wabup Seluma Akan Pastikan Irigasi di Pandan Segera Dibangun

BACA JUGA: 2 Terdakwa Kasus BTT Cicil Kerugian Negara, Setor Rp 100 Juta ke Jaksa

Yang sebelumnya pada pajak kendaraan bermotor (PKB) Kabupaten Seluma hanya dapat bagi hasil dari Provinsi. Setelah ada Perda ini nanti maka juga akan mendapatkan opsen. Sehingga dengan hal ini optimis PAD bakal lebih tinggi. 

 

Opsen adalah pungutan tambahan pajak menurut persentase tertentu. Ada 3 jenis pajak daerah yang dikenai opsen yaitu opsen Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), opsen Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan opsen Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB).

 

Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (UU HKPD), pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk menambahkan pungutan tambahan atas Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) atau yang disebut sebagai opsen. 

BACA JUGA:Program Pinjaman KUR Mandiri untuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah UMKM): Bunga Relatif Rendah Proses

BACA JUGA:TOYOTA Fortuner GR Sport 2024 SUV Baru yang Handal Memiliki Fitur Teknologi Canggih Desain yang Istimewa

Sumber: