Asia Pasifik Menjanjikan, Terlihat Indeks Pengembangan Ritel Global 2023
Indeks Pengembangan Ritel Global (GRDI) 2023 --
Ketidakpastian makroekonomi masih tinggi, dengan pemulihan ekonomi global yang dilakukan secara bertahap dan bervariasi di negara-negara berkembang.
Konsumen beralih ke barang-barang yang lebih murah, lokal, dan berlabel pribadi karena tekanan inflasi.
Pertumbuhan eCommerce terus berlanjut, dengan ekspektasi pertumbuhan dua kali lipat dibandingkan pertumbuhan ritel fisik pada tahun 2027.
Strategi multisaluran menjadi semakin penting, karena pengecer di pasar berkembang berinvestasi pada kemampuan omnichannel.
Meningkatnya pilihan pembayaran elektronik dan BNPL mengubah perilaku konsumen, dengan adopsi yang cepat di kawasan APAC dan MEA.
AI ritel dan inovasi teknologi dimanfaatkan untuk menciptakan pendekatan pemasaran baru yang berdasarkan pengalaman untuk menarik dan melayani konsumen.
Siddharth Pathak, Co-Lead Asia Pasifik, Praktik Konsumen dan Ritel, Kearney mengatakan:
“ GRDI tahun ini mencerminkan beragamnya potensi ritel di antara negara-negara berkembang di Asia. Mulai dari negara-negara maju seperti Tiongkok dan India hingga negara-negara yang sedang naik daun seperti Indonesia dan Vietnam, masing-masing negara menawarkan peluang dan tantangan yang berbeda untuk investasi ritel di wilayah ini .”
“ Kesuksesan dalam pasar yang dinamis ini bergantung pada kemampuan pengecer untuk beradaptasi, berinovasi, dan menavigasi secara strategis lanskap ritel yang beragam, ” tambahnya.
Sumber: