Disdukcapil Bengkulu Selatan terapkan KTP Digital, Pelayanan Semakin Mudah

Disdukcapil Bengkulu Selatan terapkan KTP Digital, Pelayanan Semakin Mudah

Pelayanan KTP digital di Bengkulu Selatan--

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma.Disway.Id,  - Dinas catatan Sipil (Didukcapil) Kabupaten BENGKULU SELATAN hadir di Musrenbang kecamatan Air Nipis sekaligus penerapan KTP digital. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Sukarni, para Pejabat OPD disekretariat Pemkab BENGKULU SELATAN.

 

Kepala Diduscapil Bengkulu Selatan, Lismanto Bayu,SE

menerangkan bahwa KTP Digital ini merupakan program Kementerian Dalam Negeri yang bisa mempermudah, mengefisienkan, dan memotong kesulitan-kesulitan yang sering dialami masyarakat dalam hal kepengurusan data penduduk.

 

BACA JUGA:TPG TW I di Seluma Sedang Proses Input Data

BACA JUGA:KPU Seluma Sedang Pengesetan Logistik ke TPS

 

"Peserta atau warga yang hadir diberikan materi pemahaman tentang digitalisasi identitas induk dari bentuk fisik ke dalam sistem digital aplikasi berbasis smartphone yang sudah disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri,"ungkap Bayu sapaan akrap.

 

Identitas Keependudukan Digital (IKD) memuat KTP-el yang berbentuk digital. IKD adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan Dokumen Kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

 

"Dasar hukum IKD adalah peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor  22 Tahun 2022, yakni tentang standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital,"tutur Bayu.

Sumber: