10 Masjid Peninggalan Nabi Muhammad SAW. Ini Faktanya Yuk Simak (Part 1)

10 Masjid Peninggalan Nabi Muhammad SAW. Ini Faktanya Yuk Simak (Part 1)

Kajian Islam fakta 10 masjid peninggalan nabi--

 
 
 
Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Berikut 10 Masjid Peninggalan Nabi Muhammad Rasulullah SAW yang misteri dan menakjubkan, Masjid-masjid ini juga menjadi saksi atas perjuangan Nabi Muhammad Rasulullah SAW dalam mensyiarkan Agama Islam.
Ayo kita simak bersama apa saja nama-nama Masjid Peninggalan Nabi Muhammad SAW
 
 
Pertama: Masjid Pohon
 
Masjid pohon pertama yaitu Masjid pohon yang terletak di Kota Mekkah, Masjid pohon atau Masjid Syajaroh ini memang sangat di terkenal karena sejarah nya, sejarah Islam mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah berhadapan langsung dengan para Jin kafir di Masjid ini, kala itu para Jin pernah datang dan bertemu Rasulullah SAW dan meminta bukti atas kerasulan Nabi Muhammad SAW. 
Sebagai pembuktian Rasulullah SAW memanggil sebuah pohon tak jauh dari Masjid untuk datang menghampiri mereka atas izin Allah SWT pohon tersebut tercabut dan datang menghampiri mereka. 
 
 
Setelah membuktikan itu kemudian Rasulullah SAW memerintahkan pohon tersebut untuk kembali ke asalnya.
Atas keajaiban itu seluruh Jin kafir yang menyaksikan itu lantas mengakui kerasulan Nabi Muhammad Rasulullah SAW dan memeluk Agama Islam.
Dari peristiwa itulah nama Masjid di namai Masjid Syajaroh atau Masjid pohon dan Masjid Syajaroh telah menjadi saksi akan Mukjizat Nabi Muhammad Rasulullah SAW yang sangat luar biasa.
Saat ini letak Masjid Syajaroh berada di depan Masjid Al-Jin dan menjadi tujuan wisata religi bagi umat Islam 
 
Kedua: Masjid Al-Jin
 
 
Masjid Al-Jin juga terletak di Kota Mekkah sejarah nya pada suatu hari Rasulullah SAW mengajak Abdullah bin Mas'ud ke suatu tempat kemudian Rasulullah SAW membuat lingkaran besar kemudian Rasulullah SAW memerintahkan Abdullah bi Mas'ud untuk masuk ke dalam lingkaran itu dan membacakan Surat Jin hingga selesai sementara Rasulullah SAW pergi meninggalkan nya.
Tak menjelang lama muncullah beberapa mahluk halus yang tak di kenal menghampiri berusaha melukai Abdul bin Mas'ud namun ajaib nya mereka tidak dapat masuk ke dalam lingkaran yang telah di garis Rasulullah SAW, setelah Abdullah bin Mas'ud selesai membaca Surat Al-Jin makhluk halus itu lantas pergi. 
 
Adapun menurut riwayat imam Bukhari dan Tirmidzi di sebutkan bahwa saat Rasulullah SAW sedang melakukan perjalanan ke pasar Ukads di jalan Rasulullah SAW sempat melaksanakan Sholat Subuh karena hal itu kemudian membuat berita-berita dari langit yang biasanya di curi oleh bangsa Jin menjadi terhalang.
 
Kemudian Bangsa Jin berpencar ke seluruh penjuru Bumi untuk mencari sumber penghalang lalu ada serombongan Jin tiba di daerah Tihamah dan mendengan ada bacaan ayat Alquran yang di baca oleh Rasulullah SAW ketika Sholat Subuh, setelah mendengar bacaan indah Nabi Muhammad itu para Jin kafir itu langsung berbiat dan beriman kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW serta bersedih mengikuti ajaran Agama Islam oleh sebab itu Masjid Al-Jin di kenal juga dengan nama Masjid Al-Bayyah atau Masjid tempat bayat para Jin.
 
Ketiga: Masjid Kiblatan
 
Masjid Kiblatan terletak di Kota Madinah Masjid Kiblataen atau Masjid dua Kiblat adalah salah satu Masjid yang terkenal di Kota suci Madinah.
 
 
Masjid ini pertama kali di kenal dengan nama Masjid Bani Salamah kerena Masjid ini di bangun di atas bekas rumah Bani Salamah.
Sejarahnya dahulu pada awal Islam orang Islam melakukan Sholat dengan menghadap ke Baitul Maqdis di Palestina namun setelah Wahyu turun Allah SWT lantas diperintahkan untuk memindahkan kiblat ke arah Masjidil Harom di Kota suci Mekkah peristiwa ini terjadi pada tahun kedua hijriah tepatnya pada hari Senin bulan Rajab di waktu Duhur di Masjid Bani Salamah.
Dari sejarah ini Masjid Bani Salamah di beri nama Masjid Kiblataen. Bersambung ke Part 2 (djl) 
 
 

Sumber: