OPD Bengkulu Selatan Bimbingan Aplikasi SIPD

OPD Bengkulu Selatan Bimbingan Aplikasi SIPD

Bappeda Litbang Bimbing SIPD diikuti OPD lingkungan Pemkab BS--

 

 

 

BENGKULU SELATAN Radar Seluma.Disway.Id - Meningkatkan kinerja sistem informasi pemerintah daerah, pihak Bappeda Litbang Bengkulu Selatan melalui bidang P2EPD menggelar kegiatan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD)-RI.Kemendagri.go.id. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Bappeda BS Fikri Al Ajuhari M.Si dihadiri seluruh operator desa di kabupaten Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Penempatan Posisi Jabatan Kosong, Dandim 0408 Gelar Sidak Pangker UKP

 

 

Kepala Bappeda-Litbang BS, Fikri Al Jauhari menuturkan, bahwa proses penginputan ke dalam aplikasi SIPD pada pelaksanaan fasilitasi RKPD mulai dilakukan, namun pelaksanaan belum sepenuhnya dipahami oleh Pemerintah Kabupaten. Sehingga perlu dilakukan pembekalan kepada tim fasilitasi, agar proses fasilitasi dapat berjalan efektif dan efisien serta berjalan tepat waktu, sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:Toyota Fortuner 2024 Baru Tampil Lebih Modern Bertenaga Tinggi Fitur Teknologi Terbaru Saingan Pajero Sport

 

 

Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) merupakan amanat dari UU 23 Tahun 2014 Pasal 391 dimana Pemerintah Daerah wajib menyediakan Informasi Pemerintahan Daerah, yang dikelola dalam suatu Sistem Informasi Pemerintahan Daerah. Penggunaan SIPD dipertegas melalui Permendagri Nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, sehingga pada saat penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran, SIPD yang dirancang lebih adaptif, reponsif, dinamis, inovatif dan akuntabel sudah mulai digunakan pemerintah daerah.

 

 

Sumber: