Musim Hujan, Saatnya Memupuk Sawit Anda! Mengoptimalkan Produksi Kelapa Sawit

 Musim Hujan, Saatnya Memupuk Sawit Anda!  Mengoptimalkan Produksi Kelapa Sawit

Ilustrasi perkebunan sawit.--

 

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Kelapa sawit (Elaeis guineensis) merupakan tanaman penting dalam industri minyak nabati. Untuk memastikan produksi yang optimal, pemupukan yang tepat sangat penting. Memahami waktu yang ideal untuk memupuk kelapa sawit adalah kunci keberhasilan dalam budidaya tanaman ini.

BACA JUGA: Rabu 6 Desember 2023, Firli Bahuri Bakal Diperiksa Lagi

BACA JUGA: Jadi Tersangka Gratifikasi, Wamenkumham Gugat Praperadilan

 

Pemupukan yang tepat pada kelapa sawit dapat dilakukan ketika curah hujan berkisar antara 100-200 mm per bulan. Pemupukan sebaiknya ditunda jika curah hujan belum mencapai 60 mm per bulan atau melebihi 300 mm per bulan. Hal ini memastikan bahwa nutrisi dari pupuk dapat diserap tanaman dengan baik, tanpa terbuang begitu saja akibat hujan yang terlalu deras atau terlalu sedikit.

 

Selain faktor cuaca, pemupukan kelapa sawit juga harus disesuaikan dengan kebutuhan hara tanaman pada tiap fase pertumbuhannya. Pemupukan yang tepat pada fase pembibitan, pertumbuhan tanaman, dan saat tanaman sudah menghasilkan, sangat mendukung pertumbuhan dan produksi yang optimal.

 

Dengan memperhatikan waktu dan kebutuhan hara tanaman, pemupukan kelapa sawit dapat dilakukan secara efektif dan efisien, mengoptimalkan produksi tanaman tanpa mengakibatkan masalah kelebihan nutrisi hara. Dengan demikian, pemupukan yang tepat akan membawa manfaat yang signifikan bagi budidaya kelapa sawit dan industri minyak nabati secara keseluruhan.

 

Untuk kelapa sawit, terdapat beberapa jenis pupuk yang penting untuk memastikan pertumbuhan dan produksi yang optimal. Beberapa unsur hara yang penting bagi tanaman kelapa sawit meliputi nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), serta unsur mikro yang juga penting untuk pertumbuhan dan produksi tanaman. Berdasarkan informasi yang saya temukan, pupuk yang cocok untuk kelapa sawit antara lain:

 

Sumber: