Tanggal 10 -11 April Tahun 2024, Jadi Hari Besar Umat Muslim! Ada Apa Pada Tanggal Itu? Simak Selengkapnya

Tanggal 10 -11 April Tahun 2024, Jadi Hari Besar Umat Muslim! Ada Apa Pada Tanggal Itu? Simak Selengkapnya

Umat Islam--

 

radarseluma disway.id - Pada pertengahan Maret 2024 umat Islam di seluruh dunia memasuki bulan ramadan atau sering dikenal bulan puasa, pada bulan yang penuh berkah tersebut umat Islam akan menahan haus dan lapar, selain itu juga selain menahan haus dan lapar, umat Islam akan menahan godaan serta menguatkan imannya.

 

Bulan Ramadan merupakan bulan ke-9 dalam kalender Islam. Selama bulan ini, umat Muslim melaksanakan puasa dari terbit fajar hingga matahari terbenam sebagai bentuk ketaatan dan pengendalian diri. Puasa Ramadan adalah salah satu dari lima rukun Islam dan dianggap sebagai bulan suci di mana Al-Quran pertama kali diwahyukan kepada Nabi Muhammad. Selama bulan ini, umat Muslim juga meningkatkan ibadah, introspeksi diri, dan melakukan amal kebajikan. Puasa Ramadan berakhir dengan perayaan Idul Fitri.

 

BACA JUGA:19 Tahun Lalu, Tepatnya 26 Desember Kejadian Memakan Korban Pernah Terjadi! Ada Apa Pada Tanggal 26 Desember?

BACA JUGA:Tahun 2024 Banyak Tanggal Merah, Belum Lagi Ditambah Cuti Bersama! Idul Fitri Jatuh Pada Bulan Ini

 

 

 

Banyak yang bertanya, Idul Fitri 2024 jatuh tanggal berapa sih? Merujuk pada SKB yang diteken oleh Menteri, Idul Fitri 2024 jatuh pada tanggal 10 dan 11 April 2024, tepatnya pada hari Rabu dan Kamis. Sebagai informasi, kapan tepatnya hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H bakal ditentukan lagi lewat sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag).

 

Idul Fitri adalah hari raya Islam yang dirayakan oleh umat Muslim sebagai tanda berakhirnya bulan puasa Ramadan. Secara harfiah, "Idul Fitri" berarti "pecahnya puasa" dalam bahasa Arab. Pada hari ini, umat Muslim berkumpul untuk saling maaf-memaafkan, berbagi kebahagiaan, dan melaksanakan shalat Idul Fitri sebagai ungkapan syukur atas nikmat selesai berpuasa.(ndo)

Sumber: