Pentingnya Konsistensi Oli dalam Perawatan Mesin Moto. Bahaya Oli yang Terlalu Kental!

Pentingnya Konsistensi Oli dalam Perawatan Mesin Moto. Bahaya Oli yang Terlalu Kental!

perawatan motor--

 

 

radarseluma.disway.id - Oli memegang peranan vital dalam menjaga kesehatan mesin motor. Namun, tidak semua jenis Oli cocok atau memberikan performa terbaik bagi semua kondisi mesin. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah penggunaan Oli yang terlalu kental.

Oli yang kental memiliki kecenderungan untuk tidak mengalir dengan lancar. Padahal, aliran oli yang baik sangat penting dalam melumasi dan menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Ketika oli terlalu kental, beberapa masalah mungkin muncul yang berpotensi merusak mesin motor.

 

BACA JUGA: Mengapa Memilih Oli Mobil Mahal Adalah Investasi yang Bijaksana?

BACA JUGA:Berikut Oli yang Tepat untuk Toyota Avanza!

 

Salah satu dampak utama dari oli yang terlalu kental adalah meningkatnya gesekan di antara komponen mesin. Oli yang tidak mampu mengalir dengan baik akan gagal menyediakan pelumasan yang efektif di berbagai bagian mesin. Akibatnya, gesekan yang berlebihan dapat terjadi, menyebabkan keausan komponen yang lebih cepat dan potensi overheating pada mesin.

 

Oli yang terlalu kental juga dapat menyulitkan proses start mesin. Kekentalan oli membutuhkan lebih banyak energi untuk menggerakkan komponen mesin pada awalnya. Hal ini bisa mengakibatkan mesin kesulitan untuk dihidupkan, terutama pada kondisi suhu dingin.

Pemilihan oli yang sesuai dengan rekomendasi produsen sangat penting untuk menjaga performa mesin motor. Buku manual mesin umumnya memberikan informasi detail tentang jenis dan konsistensi oli yang disarankan. Mengabaikan rekomendasi ini bisa berakibat buruk pada kinerja mesin.

 

 

Sumber: