6.000 Hektare Sawah di Seluma Terima Benih Padi

6.000 Hektare Sawah di Seluma Terima Benih Padi

Kadis Pertanian Seluma Arian Sosial--

 

 

PEMATANG AUR - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma akan membagikan 150 ton  benih padi dari Dirjen Perbenihan dan Holtikultura Kementerian Pertanian RI. Bantuan benih ini untuk 6.000 hektar persawahan yang ada di Kabupaten Seluma. 

Bupati Seluma Erwin Octavian, SE menyampaikan agar masyarakat dan kelompok tani dapat mengajukan bantuan benih padi ini ke Dinas Pertanian Kabupaten Seluma. Sehingga hal nantinya dapat digunakan ditanam di sawah sebagaimana mestinya. "Silakan bagi masyarakat yang hendak benih padi bisa mengajukan ke Dinas Pertanian," kata bupati, kemarin (28/11). 

BACA JUGA:Rp11 Miliar Untuk Melanjutkan Jalan Peraduan Tinggi di Seluma

 

Kadis Pertanian Arian Sosial mengatakan, bantuan benih padi ini untuk mendukung percepatan musim tanam. Dan juga diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan hasil panen masyarakat. 

"Ada 450 an kelompok tani yang akan menerimanya. Bantuan ini untuk mendukung petani kita, yang kita imbau untuk melakukan percepatan musim tanam. Total ada 150 ton benih padi yang kita terima dari Dirjen Perbenihan dan Holtikultura Kementan RI," kata Arian Sosial. 

"Sekarang sedang dalam proses droping mudah-mudahan in nanti dapat mendukung percepatan masa tanam masyarakat yang terdampak El Nino," sambungnya. 

Ia mengatakan perhektare lahan akan mendapat jatah bibit 25 Kilogram ucap Arian. Penyaluran akan dikordinir melalui 415 kelompok tani yang tersebar di 14 kecamatan yang ada.

Ia menambahkan pihaknya telah meminta kepada Dirjen Perbenihan dan Holtikultura untuk memperpanjang masa ekspayer benih yang akan dibagikan ke petani ini. Sehingga tetap bisa ditanam sampai awal tahun 2024.

BACA JUGA: Sekda Seluma Imbau Peserta Seleksi PPPK, Jangan Percaya Calo

 

Petugas penyuluh saya minta untuk memastikan kesiapan petani dipercepatan musim tanam ini. Terutama lahan dan sarana pendukung lainnya, sebelum dilakukan penanaman nantinya," tutupnya.(adt)

Sumber: