Iran Putuskan Tak Bantu Hamas, Tak Ikut Perangi Israel!

 Iran Putuskan Tak Bantu Hamas, Tak Ikut Perangi Israel!

Perang Israel dan Palestina--

 

 

Menurut salah satu pejabat Hamas, Khamenei menekan Haniyeh untuk membungkam suara-suara kelompok Palestina yang secara terbuka menyerukan Iran dan sekutunya di Lebanon, Hizbullah, untuk bergabung dalam perang melawan Israel dengan kekuatan penuh.

 

Dikatakan, bahwa Hizbullah  terkejut dengan serangan Hamas bulan lalu yang menewaskan 1.200 orang. Tiga sumber yang dekat dengan Hizbullah menyatakan bahwa kelompok Hizbullah bahkan tidak bersiaga di desa-desa dekat perbatasan, yang menjadi garis pertempuran dalam perang melawan Israel tahun 2006 lalu.

 

Akibat hal itu,  milisi Hizbullah, menurut ketiga sumber itu, harus dikerahkan dengan cepat ke  perbatasan dengan Israel usai serangan Hamas terjadi awal bulan lalu.

 

BACA JUGA:Baru Satu Perusahaan yang Laporan CSR ke Pemda Seluma

 

 

Krisis yang kini terjadi di Gaza,  menandai pertama kalinya apa yang disebut sebagai 'Poros  Perlawanan' melakukan mobilisasi di berbagai front pada saat bersamaan. Poros Perlawanan  merupakan aliansi militer yang dibangun oleh Iran selama empat dekade untuk melawan  kekuatan Israel dan Amerika Serikat di kawasan Timur Tengah.

 

Hizbullah terlibat serentetan bentrokan terbesar dengan Israel selama hampir 20 tahun terakhir. Kelompok milisi lainnya yang didukung Iran juga menargetkan pasukan AS di Irak dan Suriah beberapa waktu terakhir. Pemberontak Houthi yang didukung Teheran di Yaman juga meluncurkan rudal dan drone ke Israel.

 

Sumber: