Atasi Bencana, Dinsos Bengkulu Selatan Didirikan Kampung Siaga

Atasi Bencana, Dinsos Bengkulu Selatan Didirikan Kampung Siaga

Kepala Dinas Sosial Efredy Gunawan S.SPT.M.Si--

 

 

BENGKULU SELATAN Radar Seluma.Disway.Id - Dinas sosial (Dinsos) Bengkulu Selatan akan membangun "Kampung Siaga dan Lumbung Sosial" di berbagai titik daerah yang rawan bencana.  Ini menindaklanjuti intruksi Kementerian Sosial (Kemensos).

BACA JUGA:Longsor Desa Batu Betajuk, Menutupi Akses Jalan

 

Kepala Dinas Sosial Efredy Gunawan S.SPT.M.Si menyebut pihaknya akan membangun kampung Siaga dan Lumbung Sosial, dan isinya lengkap. Baik itu Pangan, Sandang, Papan nantinya barang tersebut disalurkan kepada masyarakat kalau terjadi bencana. Baik itu banjir, longsor, dan kebakaran. Seperti di Kecamatan Pino Raya di Desa Cinto Mandi dan Desa Telaga Dalam hampir setiap tahun mengalami bencana banjir.

BACA JUGA:Ferrari LaFerrari vs. Bugatti La Voiture Noire Duel Keunggulan dan Kecepatan Puncak

 

Kalau di Desa Pasar Pino disana rawan akan Tsunami. Untuk Kecamatan Ulu Manna juga dibangun kampung Siaga, Lumbung Sosial di Desa Bandar Agung, Desa Kayu Ajaran. Karena, daerah tersebut rawan longsor. Sedangkan untuk Kecamatan Seginim di Desa Babatan Ilir atau Ulu, dan Kecamatan Air Nipis di Desa Pino Baru dan Suka Maju juga masuk dalam rawan tejadi banjir karena posisi wilayahnya dekat bibir sungai,"ungkap Efredy Gunawan.

 

 

Diakui Efredy, pembangunan Kampung Siaga serta Lumbung Sosial tidak dibangun disetiap desa atau kecamatan. Tapi dibangun didaerah yang mempunyai potensi bencana saja. Ini mengacu dari petunjuk dari Kementerian Sosial, karena dalam membangun ini semua letak geografis harus jelas dan tingkat kerawanannya,"beber Efredy.

 

 

Sumber: