LPj Perjalanan Dinas Dewan Seluma Secara Lumpsum

LPj Perjalanan Dinas Dewan Seluma Secara Lumpsum

Peerjalanan Dinas Lumsum--

 

PEMATANG AUR - Pemerintah pusat mengubah regulasi yang mengatur perjalanan dinas Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Kini mekanisme lumpsum diberlakukan kembali.

Perjalanan dinas DPRD diubah melalui Peraturan Presiden atau Perpres Nomor 53 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 33 Tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional.

BACA JUGA:Pipang Jajanan Tradisional Indonesia Yang Sudah Jarang ditemui

 

Dalam aturan itu disebutkan biaya tiket pesawat perjalanan dinas dalam negeri pergi pulang (PP) bagi pimpinan dan anggota DPRD dipertanggungjawabkan secara lumpsum atau pembayaran lunas yang dilakukan berdasarkan kontrak tertentu. 

Secara umum di Provinsi Bengkulu belum keseluruhan daerah menerapkan aturan tersebut dengan berbagai alasan. Namun khusus untuk di Kabupaten Seluma hal tersebut sudah mulai dibahas. Peraturan Bupati (Perbup) Seluma Nomor 35 tahun 2020 yang secara keseluruhan menjadi payung hukum perjalanan dinas akan dirubah dengan menyesuaikan Perpres Nomor 53 Tahun 2023.

Biaya taksi perjalanan dinas dalam negeri bagi pimpinan/anggota DPRD dipertanggungjawabkan secara lumpsum. Bunyi di dalam Perpres Nomor 53. Kembali lagi pada aturan perjalanan dinas bagi anggota dewan tahun 2004. Apabila dinas luar dalam pertanggungjawaban nanti anggota dewan tanpa perlu lagi melampirkan nota pesawat ataupun nota hotel. 

Sedangkan untuk standar harga sudah diatur dalam Perpres Nomor 33 Tahun 2020. 

Ya, seperti yang sudah dijadwalkan kemarin (13/11) Komisi I DPRD Seluma memanggil Asisten I Pemerintahan dan Kesra dan Kabag Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Seluma. "Tadi (kemarin) sudah dilakukan pembahasan dengan Komisi I, soal perubahan Perbup tentang perjalanan dinas disesuaikan dengan Perpres Nomor 35 tahun 2023," kata H Hendarsyah Asisten I Setda Kabupaten Seluma, usai melaksanakan hearing di Komisi I DPRD Seluma, kemarin. 

BACA JUGA:Pemilik Mobil Kijang Kapsul! Ingin Mesin Handal Ini Caranya, Oli Penting!

 

Setelah pembahasan selanjutnya rancangan perubahan Perbup ini akan diajukan ke Gubernur Bengkulu untuk dilakukan fasilitasi. Apabila seluruh tahapan perubahan Perbup selesai maka akan segera diberlakukan.

Seperti yang dikabarkan sebelumnya Perpres nomor 53 tahun 2023 mengubah beberapa ketentuan yang ada di Perpres 33 tahun 2020. Dalam aturan terbaru antara pasal 3 dan pasal 4 disisipkan 1 pasal, yakni pasal 3A. Pertanggungjawaban biaya perjalanan dinas dalam negeri sebagaimana dimaksud dalam pasal 1 ayat (2) huruf b dilakukan secara at cost (biaya riil).

Sumber: