Sejarah Pedang Zulfikar Milik Rasullullah SAW, Diberi Oleh Malaikat Jibril? Menarik Untuk Dibaca!

Sejarah Pedang Zulfikar Milik Rasullullah SAW, Diberi Oleh Malaikat Jibril? Menarik Untuk Dibaca!

Ilustrasi pedang zulfikar milik Rasulullah SAW--

 

radarseluma.disway.id - Pedang Zulfikar adalah salah satu artefak yang dihubungkan dengan Nabi Muhammad dalam tradisi Islam. Meskipun tidak ada penjelasan yang pasti dalam sumber-sumber sejarah, legenda dan cerita seputar asal-usul pedang ini telah menjadi bagian penting dari warisan budaya Islam.

 

Nabi Muhammad SAW menerima pedang Zulfikar masih menjadi misteri, ada yang berpendapat dari rampasan perang badar, ada sebagian yang menyebutkan di dapat dari Malaikat Jibril. Pedang Zulfikar memiliki bentuk melengkung dengan ujungnya terbelah menjadi dua

 

BACA JUGA:Palu Thor dan Sejarahnya dalam Kehidupan Bangsa Viking

BACA JUGA:Mengingat Sejarah, Berikut Pakaian Khas Bangsa Viking yang Melegenda....

 

Sebuah legenda populer menyatakan bahwa Pedang Zulfikar diberikan kepada Nabi Muhammad oleh malaikat Jibril selama peristiwa hijrah atau perpindahan dari Mekah ke Madinah. Cerita lain mengatakan, dikutip dari buku Dua Puluh Lima Nabi Banyak Bermukjizat sejak Adam A.S Hingga Muhammad S.A.W karya Usman bin Affan bin Abul As bin Umayyah bin Abdu Syams, kemungkinan Nabi Muhammad SAW mendapatkan pedang Zulfikar dari hasil rampasan Perang Badar. Beliau juga mendapatkan unta milik Abu Jahl dari hasil jarahan tersebut.

 

kemungkinan juga dalam versi lainnya pedang Zulfikar diperoleh Nabi Muhammad SAW dari rampasan Perang Badar. Di mana barang jarahan yang diperoleh akan dibagikan secara adil kepada seluruh pasukan, setelah dikurangi dengan 1/5 yang diperuntukkan bagi Nabi Muhammad SAW.

 

Salah satu aspek yang sangat terkait dengan Zulfikar adalah kaitannya dengan Ali bin Abi Thalib, sepupu dan menantu Nabi Muhammad. Ali dianggap memiliki pedang ini dan menggunakannya dalam pertempuran penting seperti Pertempuran Badar dan Pertempuran Uhud.

 

Sumber: