Harga Biji Kopi Rp 35 ribu/ Kg di Seluma, Dampak Kebun Kopi Semakin Sedikit

 Harga Biji Kopi Rp 35 ribu/  Kg di Seluma, Dampak Kebun Kopi Semakin Sedikit

wisata kuliner kopi tutuk lesung--

 

 

 

SELUMA UTARA - Petani kopi saat ini tengah untung besar, pasalnya saat ini harga biji kopi kering mencapai Rp 33 ribu - Rp 35 ribu per kg. Hal ini disampaikan oleh kepala Desa Sekalak, Sudar kepada Radar SELUMA. Dikatakannya,  harga biji kopi di Desanya capai harga yang cukup tinggi walau desa Sekalak terletak cukup jauh dari jalan lintas.

 

BACA JUGA: FIFGroup Berhasil Lampau Target 107% di IMOS+ 2023

BACA JUGA: Usai Makan Siang, Ganjar Yakin Jokowi Dukung Jalannya Demokrasi di Pemilu 2024

 

"Baru selesai musim. Alhamdulillah harganya lumayan tinggi. Rp 33 ribu - Rp 35 ribu per kg hal tersebut tergantung biji kopi yang dijual oleh petani. Kalau biji kopi bagus dan kering harganya Rp 35 ribu per kg. Entah kalau Didaerah lain yang dekat dengan jalan akses utama jalan lintas, untuk harganya saya belum ketahui apakah ada perbedaan harga yang signifikan" jelas Sudar, Senin (30/10).

 

Lanjutnya, memang mayoritas warga Desa Sekalak Kecamatan Seluma Utara merupakan banyak petani kopi dan lahan perkebunan hampir merata berkebun kopi dan penghasilan kopi juga tahunan ada juga berbuah selang disela-sela sebelum musim.

 

" masyarakat kami mayoritas petani kopi, semuanya berkebun. Kalau hasil kopi saat musim berhasil perekonomian masyarakat kami sangat terbantu dengan harga kopi saat ini, namun namanya berkebun terkadang berhasil dan terkadang juga mengalami macet. Kalau untuk harga tidak salah dengan diatas Rp 30 ribu per kg" lanjut Sudar. (ndo)

 

Sumber: