Operasional Minim Kegiatan Banyak, OPD Seluma Ngadu ke Dewan

Operasional Minim Kegiatan Banyak, OPD Seluma Ngadu ke Dewan

--

 

 

 

PEMATANG AUR - Tahun ini hampir seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengeluh lantaran minimnya operasional mereka sedangkan kegiatan mereka banyak. Atas hal itulah beberapa OPD mengadu ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) saat pembahasan di tingkat komisi terkait dengan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan 2023 lalu. Mereka mengharapkan agar operasional OPD ini dapat ditambah dan disesuaikan dengan kebutuhan.

BACA JUGA:Jembatan Cawang di Seluma Sudah Masuk Rencana Pembangunan

 

"Terakhir pembahasan di komisi OPD-OPD ini minta ditambah. Karena dana operasional mereka kurang. Setiap komisi hampir mendapatkan keluhan yang sama dan kemudian merekomendasikan ke Pemerintah Kabupaten Seluma soal usulan ini. Jadi kami minta tolong hargai rekomendasi itu. Mereka mengeluh kegiatan banyak tetapi ketersediaan anggarannya tidak ada," kata Zaimi Tuhib anggota DPRD Seluma fraksi PDI Perjuangan, kemarin. 

 

Senada dengan yang disampaikan oleh fraksi PDI Perjuangan, anggota DPRD Seluma Fraksi NasDem Tenno Heika juga membenarkan bahwa ada permintaan dari beberapa OPD agar operasional mereka ini ditambah. "Mohon maaf dana operasional ini tidak ditingkatkan. Terjadi rasionalisasi. Dengan berat hati harus dilakukan dengan lapang dada. Kita sadar pelayanan terhadap masyarakat membutuhkan operasional yang memadai," sambungnya. 

 

Tenno menjelaskan bahwa yang menjadi kendala saat ini adalah minimnya Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga penambahan operasional di OPD ini tidak bisa diakomodir. Sehingga dirinya berharap tahun 2024 nanti untuk melakukan optimalisasi PAD.

BACA JUGA:Mobil Unik Lamborghini Vision GT Konsep Mewah Yang Menggunakan Kayu Sebagai Bahan Bangunan

 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa minimnya operasional OPD ini imbas dari kebijakan pemerintah daerah yang lebih memprioritaskan pembangunan infrastruktur dasar berupa jalan dan jembatan. Melalui pembangunan ini nanti diharap dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Apabila ekonomi masyarakat sudah meningkat tentunya juga akan berdampak dengan PAD.

Sumber: