Lebong Tandai, Tambang Emas Bengkulu Utara Terbesar Saat Masa Kolonial

 Lebong Tandai, Tambang Emas Bengkulu Utara Terbesar Saat Masa Kolonial

Tambang emas Lebong--

 

Radar Seluma.Com,  - Salah satu tambang emas yang besar pada masa kolonial Belanda ada di Desa Lebong Tandai.  Desa ini terletak di Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Dulunya disebut Beland dengan julukan  Batavia Kecil. Saat itu, Bangsa Belanda saat menjadi penguasa lembah perbukitan sebelah utara Kota Bengkulu ini.

 

BACA JUGA:KPU dan Bawaslu Seluma Diusulkan Terima Hibah Pilkada Rp27 M

BACA JUGA:Bengkulu Pernah Miliki Tambang Emas, tapi Bukan Seluma, Tambang Emas Lebong

 

Karena letaknya,  tak cukup banyak masyarakat yang bisa melihat secara langsung, bukti kemajuan Desa Lebong Tandai pada masa kolonial. Letaknya yang cukup terpencil dan akses transportasi yang belum begitu memadai, menjadi alasan utama desa ini sangat jarang dijamah oleh masyarakat luas.

 

 

Lebong Tandai merupakan sebuah nama desa yang berasal dari kata 'Lobang yang Ditandai'. Dari keterangan warga setempat, para pendahulu warga Lebong Tandai menyambungkan kata Lobang yang ditandai dengan istilah Lebong Tandai.

 

Nama lebong Tandai ini juga dikenal sebagai Batavia Kecil, sejak Indonesia merdeka. Istilah Batavia Kecil ini muncul, karena Lebong Tandai dikenal sebagai daerah yang maju pada masa kolonial Belanda ketika melakukan penambangan emas di desa ini, sekitar tahun 1901.

 

 

Sumber: