Cadangan Devisa Turun Jadi USD 137,1 Miliar pada Agustus 2023! Upaya Pemerintah bayar Utang

 Cadangan Devisa Turun Jadi USD 137,1 Miliar pada Agustus 2023! Upaya Pemerintah bayar Utang

Kantor Bank Mandiri--

 

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Tim Ekonom Bank Mandiri melihat bahwa ekonomi Indonesia masih menghadapi tekanan dari pasar keuangan global.

 

BACA JUGA:Weekend, Berapa Tiket Pesawat ke Denpasar Bali? Ke Bandung Lebih Dekat!

 

Ini terlihar dari informasi yang disampaikan Bank Indonesia, yang menyatakan bahwa faktor utama yang mendorong penurunan tersebut terutama pembayaran utang luar negeri pemerintah serta upaya pemerintah dalam menstabilisasi mata uang Rupiah di tengah meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global.

 

Indonesia masih menghadapi tekanan dari pasar keuangan global.

Tingginya tingkat inflasi di beberapa negara telah mendorong bank-bank sentral utama untuk mempertahankan kenaikan suku bunga pada jangka waktu yang lebih lama. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya volatilitas pada nilai tukar rupiah dan pasar portofolio Indonesia.

 

Di tengah tingginya tekanan eksternal, kebijakan pemerintah dinilai dapat mendukung stabilitas nilai tukar Rupiah ke depan.

Sesuai dengan penerapan Peraturan Pemerintah No.36 Tahun 2023, transaksi term deposit OPT konvensional dalam mata uang asing (DHE TD Valuta Asing), terdapat peningkatan volume transaksi yang cukup signifikan selama bulan Agustus 2023.

 

Sumber: